Pengendara Bandel Bakal Kena Tilang dengan Bukti CCTV

Penerapan CCTV bertipe pan tilt zoom (PTZ), yang terhubung langsung dengan pemberlakuan tilang elektronik (e-tilang).

Pengendara Bandel Bakal Kena Tilang dengan Bukti CCTV
KOMPAS
Salah satu persimpangan di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Kota Tangerang, yang telah menggunakan sistem kendali lalu lintas kendaraan atau area traffic control system (ATCS), Kamis (5/10/2017). Melalui sistem ini, petugas bisa memantau kondisi di lokasi dengan pantauan kamera CCTV dan dapat memberi imbauan dengan pengeras suara. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bicara pelaku pelanggaran lalu-lintas, jumlah terbesar pasti datang dari DKI Jakarta.

Selain karena daerah dengan populasi kendaraan terbesar secara nasional, juga karakter penduduk yang mayoritas pendatang, membuat perilaku acuh jadi salah satu latar belakangnya.

Kini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah memasang belasan kamera Closed Circuit Television ( CCTV) di beberapa wilayah di DKI Jakarta.

Penerapan CCTV bertipe pan tilt zoom (PTZ), yang terhubung langsung dengan pemberlakuan tilang elektronik ( e-tilang).

Wilayah yang sudah dipasang CCTV PTZ, seperti persimpangan Jalan Kebon Sirih-MH Thamrin, Hotel Millenium, Sunan Giri, Harmoni, Patung Kuda, simpang TU Gas.

Selanjutnya di Kedoya Pesing-Jalan Panjang, Sunrise Garden-Jalan Panjang, Kedoya Green Garden-Jalan Panjang, Kedoya Duri-Jalan Panjang, dan Pos Pengumben-Jalan Panjang.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra, pihaknya juga akan duduk bersama dengan Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lain untuk membahas rencana sekaligus meluruskan persepsi mengenai sistem tilang elektronik.

Baca: MENDEBARKAN! Lihat Detik-detik Pilot Berjuang saat Pesawat Dihantam Angin Kencang

Baca: Dihentikan Polisi Karena Tak Pakai Helm, Pria Ini Justru Tancap Gas. Begini Nasibnya Kemudian!

Baca: ALAMAK! Alat Vital Pria Ini Nyaris Putus Akibat Pengakuan Jujurnya. Pelakunya Kekasih Sendiri

"Saya dengan Dishub, beserta saksi lain akan duduk dalam forum lalu lintas angkutan jalan, termasuk pengamat transportasi untuk membicarakan hal tersebut," ujar Halim seperti dilansir lamanNTMCPolri, Sabtu (7/10/2017).

Halim menjelaskan, CCTV yang dimiliki Dishub DKI Jakarta sekarang ini belum cukup untuk membantu sistem tilang elektronik. Alasannya, hanya bisa memantau pelanggaran lalu lintas, tetapi belum mampu mengambil gambar.

"Kalau alat penegakan hukum langsung otomatis orang yang melanggar diambil gambarnya. Misal, melanggar Zebra Cross maka langsung nomor polisi kendaraan itu keluar, kalau yang sekarang ini hanya memantau saja," kata Halim. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Siap-siap, Tilang Pakai Bukti CCTV Segera di Jakarta!

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved