SORAK SORAI Rakyat Zimbabwe Sambut Pengunduran Diri Mugabe. Ini Isi Surat Resminya

Akhirnya presiden Zimbabwe, Robert Mugabe lengser ke prabon. Mugabe lengser dengan cara mengundurkan diri dari jabatanny.

SORAK SORAI Rakyat Zimbabwe Sambut Pengunduran Diri Mugabe. Ini Isi Surat Resminya
AFP
Puluhan ribu masyarakat Zimbabwe berkumpul di Harare dalam demonstrasi besar-besaran dalam rangka mendesak Presiden Robert Mugabe mundur dari jabatannya (18/11/2017) 

TRIBUNBATAM.ID, HARARE - Akhirnya presiden Zimbabwe, Robert Mugabe lengser ke prabon.

Mugabe lengser dengan cara mengundurkan diri dari jabatannya yang sudah dia kuasai 37 tahun.

Rakyat Zimbabwe menyambut gembira ketika juru bicara parlemen Zimbabwe, Jacob Mudenda, membacakan surat pengunduran diri Robert Mugabe.

Pengumuman tersebut dilakukan pada Selasa (21/11/2017) waktu setempat, ketika parlemen sedang merencanakan pemakzulan presiden berusia 93 tahun tersebut.

Berikut isi surat pengunduran diri Mugabe, seperti yang dibacakan Mudenda:

Pemberitahuan pengunduran diri sebagai Presiden Republik Zimbabwe
Dalam ketentuan Pasal 96, Sub-Bab 1, Konstitusi Zimbabwe, Amandemen nomor 20 tahun 2013.

Melanjutkan komunikasi lisan saya dengan Ketua Majelis Nasional, Jacob Mudenda pada pukul 13.53, 21 November 2017, mengisyaratkan niat saya untuk mengundurkan diri sebagai Presiden Republik Zimbabwe.

Saya, Robert Gabriel Mugabe, sesuai Pasal 96, Sub-Bab 1 Konstitusi Zimbabwe, dengan ini secara resmi mengajukan pengunduran diri saya sebagai Presiden Republik Zimbabwe dengan segera.

Keputusan untuk mengundurkan diri ini saya lakukan secara sukarela dan muncul dari keprihatinan saya atas kesejahteraan rakyat Zimbabwe, serta keinginan saya untuk memastikan peralihan kekuasaan yang mulus, damai, dan tanpa kekerasan sehingga mewujudkan keamanan nasional, perdamaian, dan stabilitas.

Mohon untuk memberi pemberitahuan ini kepada publik atas pengunduran diri saya sesegera mungkin, seperti yang ditulis dalam Pasal 96, Sub-Bab 1 Konstitusi Zimbabwe.

Salam sejahtera,

Robert Gabriel Mugabe, Presiden Republik Zimbabwe.

(kompas.com/ Veronika Yasinta)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved