Air ATB Berbuih Putih, Jangan Khawatir. Aman Kok Digunakan, Begini Penjelasannya

Air berbuih putih di tempat pelanggan cukup di diamkan sesaat, setelah didiamkan air akan kembali jernih. Air tersebut tetap aman di gunakan

Air ATB Berbuih Putih, Jangan Khawatir. Aman Kok Digunakan, Begini Penjelasannya
ist
Tim produksi ATB saat memeriksa area aerator IPA Mukakuning beberapa waktu lalu. Apabila terdapat air berbuih putih dan tidak berbau ditempat pelanggan cukup didiamkan sesaat 

TRIBUNBATAM.id - Sebagian besar pelanggan PT Adhya Tirta Batam (ATB) mungkin masih bertanya-tanya kenapa suplai air bersih yang ada di tempat pelanggan terkadang berbuih dan berwarna putih. Hal ini biasanya dapat dilihat secara fisik saat kran air di buka dan saat air di dalam penampungan.

"Kondisi air berbuih tersebut biasanya lebih di sebabkan oleh tingginya tekanan air di dalam pipa, umumnya terjadi saat minim pemakaian air terutama pada siang dan malam hari," ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Selasa (28/11).

Meski kondisi air yang diterima pelanggan berbuih putih, air tersebut tetap aman di gunakan untuk menunjang aktifitas. Air berbuih sifatnya hanya sementara, pelanggan cukup mendiamkan atau membiarkan sesaat maka buih putih tersebut akan hilang dengan sendirinya.

"Air berbuih putih di tempat pelanggan cukup di diamkan sesaat, setelah didiamkan air akan kembali jernih. Air tersebut tetap aman di gunakan untuk aktifitas sehari-hari dan tidak berbahaya," jelas Enriqo.

Kondisi suplai air berbuih yang di terima pelanggan tersebut biasanya juga dialami oleh pelanggan dengan lokasi yang berada dekat dengan suplai dari Instalasi Pengolahan Air (IPA). Hal tersebut di pengaruhi oleh tekanan air yang cukup kuat yang di terima pelanggan.

Sementara itu, pelanggan yang berada jauh di ujung pipa lebih jarang mendapatkan suplai air berbuih. Namun saat kondisi-kondisi tertentu seperti saat malam hari dimana pelanggan lebih sedikit menggunakan air, tekanan air ke pelanggan akan tetap kuat.

Air berbuih putih juga sering di asumsikan pelanggan akibat bercampurnya klorin di dalam air. Banyak juga pelanggan air bersih ATB menyampaikan keluhan terkait air berbuih putih kepada bagian pelayanan ATB. Padahal klorin tidak berwarna, klorin tidak merubah warna air dan tidak memberi warna pada air. Klorin hanya berbau yang akan segera hilang dengan cepat.

"Kami terus memberikan himbauan dan edukasi ke pelanggan terkait suplai air berbuih ini dalam banyak kesempatan, baik saat ada kunjungan warga ke IPA, melalui layanan call centre di (0778) 467111 hingga layanan media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya, setelah mendapat penjelasan baru banyak pelanggan mengetahui hal tersebut," tegas Enriqo

Tags
ATB
air
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved