Sejarah Hari Tritura 10 Januari, Isinya Tuntutan Pembubaran PKI

10 Januari 2019 bertepatan dengan 53 tahun Hari Tritura atau Tri Tuntutan Rakyat. Salah satu isi tuntutan yakni pembubaran PKI

Sejarah Hari Tritura 10 Januari, Isinya Tuntutan Pembubaran PKI
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Sumur tua tempat ketujuh pahlawan revolusi di kuburkan oleh anggota PKI yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018) 

TRIBUNBATAM.id - 10 Januari 2019 bertepatan dengan 53 tahun  Hari Tritura atau Tri Tuntutan Rakyat.

Tiga tuntutan rakyat yakni pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Dwikora, dan 
turunkan harga pangan.

Dilansir dari wikipedia.org Rabu (2/1/2019) pukul 21.59, Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Selanjutnya diikuti oleh kesatuan-kesatuan aksi yang lainnya seperti Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI), dan Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI).

Tritura terjadi ketika gelombang demonstrasi menuntut pembubaran PKI semakin keras, pemerintah tidak segera mengambil tindakan.

Baca: Inilah Sosok Perwira ke-8 yang Selamat dari G30S/PKI

Keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama Bahan bakar minyak (BBM).

Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura.

Isi Tritura adalah:

Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
Perombakan kabinet Dwikora
Turunkan harga pangan

Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September).

Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak.

Halaman
12
Penulis: Agus Tri Harsanto
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved