BATAM TERKINI

Awasi Penyaluran Dana Bansos, Polda Kepri Bentuk Satgas Bansos. Dipimpin Langsung Wakapolda

Rustam pun menegaskan pihaknya tidak main main dalam melaksanakan pengawasan dan pengawalan dana Bansos yang tahun ini lebih besar dari tahun lalu

Awasi Penyaluran Dana Bansos, Polda Kepri Bentuk Satgas Bansos. Dipimpin Langsung Wakapolda
TRIBUNBATAM.id/ENDRA KAPUTRA
Polda Kepri resmi membentuk Satgas Bansos untuk mengawasi penyaluran kucuran dana bantuan sosial ke masyarakat. Tahun 2019 kucuran dana Bansos mencapai Rp 54 Triliun 

TRIBUNBATAM.id BATAM - Polda Kepri resmi membentuk Satgas Bansos untuk mengawasi penyaluran kucuran bantuan ke masyarakat.

Secara keseluruhan, tahun 2019 kucuran dana tersebut senilai Rp 54 Triliun.

Dalam hal ini, bertindak sebagai Kasatdgasda ialah Wakapolda Kepri, Berigjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Satgas tersebut terdiri dari empat Subsatgas yakni dari Binmas untuk sosialisasi dan pendataan ke masyarakat, Samapta untuk pengamanan, Humas untuk Media dan  dari Ditreskrimsus untuk penegakan hukum.

Dikonfirmasi Tribunbatam.id, Direskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur menjelaskan, terbentuknya Satgas ini atas sesuai Nota Kesepahaman antara Kapolri dan Menteri Sosial pada Tanggal 11 Januari yang lalu.

Dimana Nota Kesepahaman pada No 1 Tahun 2019 Kemensos dan UNWPolri yakni No 6 B Tahun 2019 Polri.

HASIL FINAL INDONESIA MASTER 2019 - Kalahkan Kento Momota, Anders Antonsen Juara Tunggal Putra

Isi Baterai 40 Persen Hanya 10 Menit, Inilah Teknologi SuperVOOC yang Hadir di Charger Mobil

Ketua DPRD Batam Nuryanto Minta Ranperda RTRW Dibahas dalam Pansus. Ini Tujuannya

Lagu Kuwa - Kiwi mendadak Viral di Media Sosial. Ternyata Ini Isi Lagunya

Bantuan hukum kepada masyarakat berkaitan dengan pembagian bantuan sosial yang dilakukan Kepala Kepolisian RI, Jenderal Polisi M Tito Karnavian dengan melakukan penandatangan Memorandum Of Understansing (MoU) bersama Menteri Sosial, Menteri Sosial Dr Agus Gumiwang Kartasasmita, tentang keikut sertaan Polri bersama Pemerintah untuk mengawasi pelaksanaan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia.

"Jadi kita Polri melakukan pegamanan dan bantuan hukum terkait program Bansos tersebut. Untuk Polda Kepri sendiri kita sudah laksanakan vicon, dan bentuk tindaklanjut itu dengan dibentuk satgasnya," katanya, Sabtu (26/01/2019).

Disampaikannya, nota Kesepahaman tersebut, bahwasanya Polri hanya pengamanan, pendampingan dan penegakan hukum.

Sementara Kementerian Sosial yang memiliki program pemerintah ini diantaranya adalah pembagian Beras Sejahtera (Rastra) dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

"Itu salah satunya, juga serta beberapa program lainnya dalam Bansos 2019 ini," ucapnya.

Rustam pun menegaskan pihaknya tidak main main dalam melaksanakan pengawasan dan pengawalan dana Bansos yang tahun ini lebih besar dari tahun lalu yakni Rp 54 Triliun.

"Sekecil apapun akan ditindak apabila ada penyelewengan, ini tidak main main dananya seluruh Indonesia yang dikucurkan pemerintah sangat besar dan lebih besar dari tahun sebelumnya yakni Rp 54 Triliun se Indonesia, saluran program ini pastinya bertujuan untuk membantu masyarakat, jangan sampai ada pihak yang coba coba melakukan tindakan pelanggaran hukum, akan kita tindak tegas sekicil apapun itu,"  tegasnya.(dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved