Pembinaan Peningkatan Potensi Usaha Rumah Tangga Ditengah Kemerosotan Perekonomian Masyarakat

Kemerosotan perekonomian masyarakat sudah semakin meningkat hal ini ditunjukkan dengan kesulitan masyarakat dalam kebutuhan pokok rumah tangga.

Pembinaan Peningkatan Potensi Usaha Rumah Tangga Ditengah Kemerosotan Perekonomian Masyarakat
ISTIMEWA
Kegiatan Pengabdian di Usaha Rumah Tangga Keripik Ibu Hapsah 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kemerosotan perekonomian masyarakat sudah semakin meningkat hal ini ditunjukkan dengan kesulitan masyarakat dalam kebutuhan pokok rumah tangga.

Salah satunya juga dialami oleh warga Perumahan Bengkong Palapa sebagai salah satu perumahan yang cukup padat penduduk di Kelurahan Tanjung Buntung.

Rata-rata tingkat kesejahteraan keluarga di Perumahan Bengkong Palapa bergantung kepada perolehan pendapatan dari gaji bulanan kepala keluarga yang bekerja di sektor industri manufaktur.

Namun, kondisi sektor industri yang semakin menurun, juga memberikan dampak kepada tingkat perekonomian 85 kepala keluarga di Perumahaan Bengkong Palapa.

Beberapa diantaranya masih bertahan dengan gaji bulanan kepala keluarga yang masih bekerja di sektor industri manufaktur, namun beberapa diantara lainnya mengalami penurunan tingkat kesejahteraan karena kehilangan pekerjaan.

Semua kebutuhan perekonomian semakin meningkat, seperti biaya bahan pokok (sembako), biaya tagihan listrik dan air serta biaya bahan bakar minyak (BBM).

Namun, pengeluaran tersebut tidak berbanding lurus dengan pendapatan kepala keluarga.

Hal tersebut disebabkan oleh, yang biasanya masyarakat bertumpu kepada pendapatan kepala keluarga yang bekerja di sektor industri, namun kondisi yang terjadi saat ini adalah peningkatan pengangguran, pemutusan kerja dan peluang memperoleh pekerjaan yang layak semakin berkurang.

Berdasarkan motivasi tersebut, ibu-ibu rumah tangga mulai mencari cara untuk lebih produktif salah satunya adalah membuat makanan yang dapat dijual.

Dari hasil penjualan tersebut dapat membantu perekonomian keluarga yang biasanya hanya ditopang oleh pendapatan kepala keluarga.

Halaman
123
Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved