PEMILU 2019

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Tingkat KPU Kota Batam Dtunda, Ini Alasanya

"Rencananya kan memang hari ini akan dilakukan rapat pleno terbuka di KPU Batam, namun karena pertimbangan-pertimbangan alasan hari pertama bulan puas

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Tingkat KPU Kota Batam Dtunda, Ini Alasanya
TRIBUNBATAM.id/ALFADI SIMAMORA
Susana rapat pleno rekapitulasi suara yang berlangsung di KPU Batam, Minggu (5/5/2019). Namun rapt plenu tebuka rekaputlasi suara itu ditunda 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat KPU Kota Batam tahun 2019 yang baru saja di gelar Minggu (5/5/2019) sore di skor hingga Senin (6/5/2019).

Pasalnya sejumlah peserta pleno dan Bawaslu Batam meminta agar di hari pertama pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Batam di skor KPU Batam hingga besok hari.

Hal ini diakrenakan warga Batam menyabut hari pertama bulan puasa Ramdahan dan perdana melaksanakan Sholat tarawih.

"Rencananya kan memang hari ini akan dilakukan rapat pleno terbuka di KPU Batam, namun karena pertimbangan-pertimbangan alasan hari pertama bulan puasa dan memang peserta pleno dan Bawaslu juga mengiinginkan forum ini kita skor untuk menghormati bulan suci ramadhan dan kami juga menghormati keputusan itu," terang Ketua KPU Kota Batam, Syahrul Huda, Minggu (5/5/2019).

Korban Dijanjikan Kerja Restoran di Jakarta, Polisi Bekuk Pelaku TPPO di Tanjungbatu

Jokowi Maruf Menang di Bintan, Ansar Ahmad Raih Suara Terbanyak

Begini Lho Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan 2019, Ikuti Tips Ini

Irit dan Anti Kantong Jebol, Moms Ini 5 Tips Belanja Murah Jelang Lebaran

Lanjutnya, memang kalau semua forum menginginkan seperti ini maka KPU tidak mungkin akan memaksakannya. Karena KPU juga bisa dikatakan masih ada waktu mulai tanggal enam sampai tanggal tujuh untuk menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi surat-suara.

"Ya mudah-mudahan jika kemudian tidak ada hal-hal yang menghalangi, mungkin dalam waktu dua hari ini akan kami maksimalkan bisa selesai,"tuturnya.

Ia juga menyebutkan, untuk skor rapat pleno sampai besok akan di skor, karena memang kebetulan ini pertama sholat tarawih dan besok hari pertama puasa.

Peserta rapat pleno menginginkan biasa dihari pertama puasa selalu bersama keluarganya makanya diskor sampi Senin besok.

KPU juga merencanakan untuk rapat pleno terbuka nantinya akan dimulai pada dapil tiga. Karena memang beberapa kecamatan masih berjalan juga sesuai SE781, bahwa pleno ditingkat Kecamatan itu dapat terus dilakukan sebelum berakhir masa pleno KPU Kabupaten/Kota.

"Jadi nanti mungkin perhitungan kami diawal itu kecamatan Galang, Bulang, Nongsa, Batuaji dan Belakangpadang yang sudah masuk duluan," terangnya.

Syahrul juga menyampaikan, untuk kecamatan yang hari ini sedang melaksanakan dan akan selesai melaksanakan pleno di tingkat Kecamatan, Senin besok yakni Batuampar, Lubuk Baja, Batam Kota dan Sei Beduk.

Namun untuk kecamatan Sagulung, Sekupang, dan Bengkong masih tahap rekapitulasi penghitungan surat suara di kecamatan.

"Nah untuk Sagulung ini yang agak mungkin memakan waktu lama, karena itu kami menyarankan untuk menambah panel lagi, sampai enam panel. Sehingga bisa terselesaikan sebelum siap rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPU Batam, dan target kami tanggal tujuh sudah selesai. Karena sesuai aturan memang tanggal tujuh. Mudah-mudahan kami bisa lakukan,"ucapnya.

Bikin Fit Selama Ramadhan 2019, Ini 7 Buah Terbaik untuk Buka Puasa

Posesif, Cowok Ini Punya Akses CCTV Rumah Sang Kekasih

Peminat Apartemen di Batam Semakin Banyak, Konsep Unik Jadi Daya Tarik Sendiri

Link Live Streaming MotoGP Spanyol 2019, Marc Marquez di Posisi 3, Valentino Rossi Posisi Berapa?

Sementara itu, saat disinggung apakah ada penambahan jadwal ditengah kecamatan sagulung, Bengkong dan Sekupang belum selesai melakukan tahapan rekapitulasi penghitugan surat suara, Syahrul masih belum bisa memastikan.

"Kita lihat saja, saya tidak berani katakan menambah jadwal. Kami tidak butuh tambahan jika kemudian kami bisa menyelesaikan tanggal tujuh. Tapi kalau misalnya tanggal tujuh itu kami tidak bisa selesai, kami akan terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi untuk kemudian mengambil langkah-langkah apa yang harus kami pilih,"pungkasnya.(tribunbatam.id/alfandi simamora).

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved