Anambas Terkini

Pesona Pantai Terluar Indonesia, Padang Melang Pernah Jadi Tempat Kamp Pengungsi Vietnam

Memiliki pantai dengan luas hingga 8 kilometer, Pemerintah Daerah pun rutin mengagendakan Festival Padang Melang setiap tahunnya

Pesona Pantai Terluar Indonesia, Padang Melang Pernah Jadi Tempat Kamp Pengungsi Vietnam
TRIBUNBATAM.id/IST
Wisatawan menikmati keindangan Pulau Padang Melang 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pantai Padang Melang di Pulau Jemaja begitu menyita perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Memiliki pantai dengan luas hingga 8 kilometer, Pemerintah Daerah pun rutin mengagendakan Festival Padang Melang setiap tahunnya.

Meski demikian, warga begitu berharap ada peningkatan infrastruktur pendukung di salahsatu destinasi wisata unggulan di Anambas itu. Beberapa hal mendasar seperti ketersediaan air bersih, hingga jaringan telekomunikasi dan internet yang optimal beroperasi di sana, sangat dinantikan oleh warga.

"Potensinya sudah ada. Ibaratnya tinggal dipoles sedikit saja lagi. Salahsatunya sarana penunjang pariwisata," sebut Afik salahseorang warga Pulau Jemaja Kamis (23/5/2019).

Ia menjelaskan, animo wisatawan maupun warga dari luar Jemaja yang datang ke pantai ini memang luar biasa ketika ada festival yang diketahui menjadi agenda pariwisata tahunan di Anambas.

Sayangnya, hal itu cenderung terbalik ketika hari-hari biasa, ketika tidak ada lagi iven yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah itu. Kalau pun ramai, itu biasanya dikarenakan ada turnamen olahraga yang diselenggarakan oleh desa maupun kecamatan di area pantai itu.

Sebagai warga, menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan potensi Pantai Padang Melang itu. Sehingga, tujuan akhirnya berdampak pada perekonomian masyarakat.

Bupati Imbau Warga Anambas Agar Tidak Lagi Menggunakan Terumbu Karang Sebagai Bahan Bangunan

Jalan ke Kantor Bupati Anambas Sudah Bagus Tapi Masih Gelap Saat Malam, Ini yang Ditakutkan Warga

Wing Air Terbang Perdana ke Bandara Sei Bati. Ini Ungkapan Wakil Bupati Saat Ikut Dalam Penerbangan

"Kalau saat Festival, mau parkir motor pun antre. Sebagai warga inginnya kalau hari-hari biasanya pun kalau bisa antre seperti saat Festival itu dilaksanakan," ungkapnya.

Ia mengatakan, saat Festival Padang Melang berlangsung, begitu banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari warga yang menjual aneka barang dagangan, sampai ke tempat penginapan yang penuh terisi, sampai tamu ada yang menginap di rumah warga.

"Seandainya saja bisa rutin dilakukan di Pulau Jemaja ini, dampaknya tentu luar biasa ke masyarakat. Jadi, kalau boleh jangan ramai pas ada festival saja," bebernya.

Selain Pantai Padang Melang, terdapat sejumlah destinasi wisata lainnya yang ada di Pulau Jemaja. Mulai dari Air Terjun Neraja yang ada di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur, termasuk wisata berupa Kamp pengungsi Vietnam di Pulau Kuku dan bekas peninggalan tentara Jepang di Pulau Jemaja.

"Banyak potensi pariwisata yang bisa digali di Jemaja ini. Sayang saja, kalau potensi sudah ada tapi tidak dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved