PBNU Tetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh pada 5 Juni 2019

Keputusan itu diambil setelah Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falahiyah PBNU melakukan rukyatul hilal bil fi'li (observasi hilal) di beberapa lokasi pada

PBNU Tetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh pada 5 Juni 2019
(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Ilustrasi pengamatan hilal: Aktivitas para mahasiswa Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) saat pengamatan hilal di Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (26/5/2017). Hilal adalah Bulan Sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat Matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam Kalender Islam. Hilal 1 Ramadhan 1438 H adalah penanda masuknya bulan suci Ramadhan dalam kalender Islam. 

TRIBUNBATAM.id  - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Hal ini dilakukan PBNU setelah melakukan pemantuian hilal di sejumlah titik.

 

Keputusan itu diambil setelah Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falahiyah PBNU melakukan rukyatul hilal bil fi'li (observasi hilal) di beberapa lokasi pada Senin (3/6/2019).

Download MP3 Kumpulan Lagu Lebaran Sambut Idulfitri di Android dan iPhone,Dari Ustaz Uje Hingga Ungu

MUI Perkirakan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019, Sama dengan Muhammadiyah

Mengenal Lebih dekat Pemain Utama Drama Arthdal Chronicles, Song Joong Ki Perankan Pemuda Suku

 

"Atas dasar istikmal tersebut dan berdasar pendapat madzahibul arba'ah (4 imam madzab), maka Nahdlatul Ulama mengikhbarkan (memberitahukan) bahwa 1 Syawal 1440 H (hari raya Idul Fitri) jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019," ujar Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas melalui keterangan tertulis, Senin petang.

Dengan segera berakhirnya bulan Ramadhan, NU berharap amal ibadah masyarakat diterima oleh Allah SWT. "Selamat menutup bulan Ramadhan dengan amal ibadah terbaik dan selamat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 H," ujar Robikin.

Sementara itu, hingga pukul 18.42 WIB, pemerintah masih melangsungkan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama. Pengumuman hasil sidang isbat akan dilakukan setelah sidang isbat selesai dilakukan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "NU Tetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh pada 5 Juni 2019 "

Editor: Aminudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved