Sertifikat Mau Terbit, Tiba-tiba Ahli Waris Lahan Muncul, Warga Mengamuk Lalu Datangi Kantor BPN

Ratusan warga menandatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Selasa (2/7/2019).

Sertifikat Mau Terbit, Tiba-tiba Ahli Waris Lahan Muncul, Warga Mengamuk Lalu Datangi Kantor BPN
tribunbatam.id/elhadif putra
Ratusan warga menandatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Selasa (2/7/2019) karena tidak puas akan kebijakan BPN Karimun yang tidak menerbitkan sertifikat lahan. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Ratusan warga menandatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri, Selasa (2/7/2019).

Laki-laki dan perempuan ini merupakan warga yang berdomisili di RT 01 RW 03 Kuda Laut, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral.

Tujuan mereka mendatangi Kantor BPN Kabupaten Karimun adalah mempertanyakan perihal penundaan penerbitan sertifikat terhadap 200 bidang tanah di kawasan tempat tinggal mereka.

Permasalahan ini mencuat ketika petugas BPN melakukan pengukuran untuk menerbitkan sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Kuda Laut.

Ketika BPN melakukan pengukuran, tiba-tiba ada pihak yang muncul dan mengaku sebagai ahli waris atas lahan seluas 2,8 hektaredi kawasan Kuda Laut.

Ahli waris tersebut diketahui bernama Rusli Effendi itu memiliki sertifikat (terbitan tahun 1991) atas lahan itu dengan pemilik bernama Hj Rusminah.

Ketua RW 03 RT 01 Kuda Laut, Hasanuddin mempertanyakan legalitas surat yang dimiliki oleh orang yang mengaku sebagai ahli waris.

Pria Asal Aceh Cetak Uang Palsu Rp 6 Juta dan Sebarkan di Beberapa Lokasi Batam

Jokowi Isyaratkan Calon 25 Menteri Kabinet Kerja Akan Diisi Anak Muda, Nama Sandiaga Uno Mencuat

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat membagikan sertifikat gratis di Kijang, Bintan belum lama ini
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat membagikan sertifikat gratis di Kijang, Bintan belum lama ini (TRIBUNBATAM.id/AMINNUDIN)

Hadir Pada Syukuran Kecamatan Jemaja Barat, Nurdin Pesan Ini Kepada Masyarakat

Kakak Beradik Sekandung Lakukan Pernikahan Sedarah Secara Diam-diam, Keluarga Tolak Restu Mempelai

Hasanuddin menyebutkan surat itu baru muncul ketika BPN telah selesai melakukan pengukuran dan akan menerbitkan sertifikat atas tanah tersebut.

"Ini sudah 90 persen, bahkan BPN sudah melakukan pengukuran dan akan menerbitkan sertifikat tiba-tiba pihak yang mengaku ahli waris ini muncul, tentu kita keberatan. Setelah 20 tahun yang klaim ini ke mana aja," kata Hasanuddin.

Hasanuddin menyampaikan warga memperoleh lahan tersebut secara legal melalui jual-beli.

Halaman
12
Penulis: Elhadif Putra
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved