Presiden Jokowi Jelaskan 6 Masalah yang Harus Dibenahi Tempat Wisata di Indonesia

Menurut Jokowi, ada enam masalah yang harus dibenahi dan segera diselesaikan mengenai tempat wisata di Indonesia. Inilah ulasan 6 masalah pokoknya.

Presiden Jokowi Jelaskan 6 Masalah yang Harus Dibenahi Tempat Wisata di Indonesia
Presidential Palace/Agus Suparto
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pulau Rinca di Nusa Tenggara Timur 

TRIBUNBATAM.id - Indonesia memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya sehingga memberikan berbagai destinasi wisata terbaik.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung masalah tempat wisata di Indonesia dalam kunjungannya ke Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (11/07/2019) lalu.

Menurut Jokowi, ada enam masalah yang harus dibenahi dan segera diselesaikan mengenai tempat wisata di Indonesia.

Selain Fairuz A Rafiq, Ini 7 Artis Yang Pernah Jadi Bahan Komentar Nyinyir Pablo Benua & Rey Utami

Menurut Jokowi, tiga tahun lalu pemerintah menginginkan pembangunan 10 destinasi baru atau Bali baru dan saat ini baru bisa memberikan prioritas terhadap lima tempat wisata terlebih dahulu.

Setelah mengunjungi tempat wisata tersebut, kata Jokowi, ada enam masalah. Pertama, masih ada problem pengaturan dan pengendalian tata ruang yang masih harus dibenahi.

Bikin Heboh Mempelai Cewek Terima Mahar Ayam Goreng, Warganet: Gila Betul!

Kedua, berkaitan akses konektivitas menuju destinasi wisata. Dimana, infrastruktur yang ada masih banyak yang perlu dibenahi, baik berupa terminal bandara, landasan pesawat, dermaga pelabuhan, dan konektivitas jalan menuju tempat wisata.

"Saya lihat misalnya di Labuan Bajo, Manado, ini semua perlu dibenahi secepatnya. Saya sudah sampaikan pada menteri, tahun depan harus diselesaikan, karena memang ada peluang besar bagi kita untuk menarik wisatawan dari mancanegara yang diharapkan menghasilkan devisa sebanyak-banyaknya," papar Jokowi.

Ingin Liburan Murah ke Maldives? Ikuti 7 Tips Jitu Bagi Pemula Berikut Ini

Persoalan ketiga, kata Jokowi, fasilitas yang tersedia di lokasi wisata seperti toilet dan tempat makan agar segera diperbaiki dengan standar maksimal oleh pemerintah daerah.

"Saya minta pemerintah provinsi turun ke bawah, kabupaten/kota diajak membenahi, sehingga orang masuk betul-betul diberikan pelayanan yang baik," ucapnya.

Gugatan PDI Perjuangan dan Golkar Sebabkan KPU Bintan Belum Umumkan Nama-nama Caleg Pemenang Pileg

Kemudian, Jokowi juga menyoroti kualitas sumber daya manusia agar ditingkatkan, dimana pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama memberikan traning kepada masyarakat sekitar yang bekerja di sektor pariwisata.

"Semua diberikan training sehingga bisa betul-betul mampu melayani wisatawan dengan baik dengan ramah tamah, melayani dengan senyuman, dan ini akan memberikan dampak yang baik," ujarnya.

7 Sumber Uang Taqy Malik, Mantan Suami Salmafina Sunan yang Juga Pengusaha Muda

Selanjutnya, Jokowi meminta kegiatan budaya lokal agar lebih ditampilkan dan dipercantik lagi, misalnya pakaian atau kostumnya dibuatkan oleh desainer terbaik.

"Keenam, promosi dilakukan secara besar-besaran, sehingga betul-betul kita mendapatkan manfaat dan multiplayer efek besar dan efek pertumbuhan bagi ekonomi daerah," ucap Jokowi.

Simak Yuk, 5 Alasan Kenapa Generasi Milenial Memilih Taiwan Sebagai Tempat Kuliah

Kisah Taruni Terbaik 2019 asal Pati, Dewi Okta Pilih Akmil Meski Lolos UGM

Rezky Aditya Bongkar Sifat Deretan Mantannya, Sebut Agnez Mo Suka Ngatur

Beri Dukungan Moril Untuk Nurdin Basirun, Warga Lintas Suku dan Agama di Karimun Gelar Doa Bersama

SEDANG BERLANGSUNG LIVE STREAMING O CHANNEL Persipura vs Madura United, Skor Sementara 1-0

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul " Jokowi Sebut Ada Enam Masalah Seusai Tinjau 5 Tempat Wisata ", https://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/15/jokowi-sebut-ada-enam-masalah-seusai-tinjau-5-tempat-wisata?_ga=2.89853020.694771291.1563243617-300770094.1562569998

Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved