Saat Terima Kunjungan Kerja, Ini Pesan Isdianto Kepada Anggota Komisi II DPR RI

Karena itu, dia berharap agar sinergitas semua pihak sangat penting untuk terjalin sehingga setiap kebijakan dan regulasi yang ada dapat berjalan.

Saat Terima Kunjungan Kerja, Ini Pesan Isdianto Kepada Anggota Komisi II DPR RI
Istimewa
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri H Isdianto menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI dalam rangka reses masa sidang V tahun 2018 - 2019 bertempat di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (26/7/2019) siang. 
TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri H Isdianto mengatakan besarnya potensi yang dimiliki Kepri sebagai daerah kepulauan harus dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.
Karena itu, dia berharap agar sinergitas semua pihak sangat penting untuk terjalin sehingga setiap kebijakan dan regulasi yang ada dapat berjalan dengan maskimal dan merata.
“Ini yang menjadi konsen kita bersama, saling berkoordinasi baik pemerintah daerah maupun pusat, kedatangan Komisi II kami sambut baik.
Intinya setiap masukan ditujukan agar Kepri semakin maju dan kesejahteraan masyarakat menjadi yang utama,” ujar Isdianto saat menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI dalam rangka reses masa sidang V tahun 2018 - 2019 bertempat di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (26/7/2019) siang.
Terkait Kepri, Isdianto sangat berharap agar Undang-Undang Daerah Kepulauan segera rampung sehingga ke depan kawasan laut menjadi perhitungan untuk kelangsungan pembangunan.
Sejumlah pembahasan yang disampaikan pada pertemuan ini, satunya tentang Pemilu 2019 lalu.
Terkait hal tersebut, Isdianto mengapresasi kinerja KPU dan Bawaslu beserta aparat Kepolisian dan TNI di Kepri dapat berjalan sesuai harapan, berjalan dengan baik dan lancar.
Peluncuran aplikasi tiket online 'Nyebrang Yuk' di Gedung Daerah Tanjungpinang yang turut dihadiri Plt. Gubernur Kepri Isdianto, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Gunawan, serta Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana, Minggu (28/7/2019).
Peluncuran aplikasi tiket online 'Nyebrang Yuk' di Gedung Daerah Tanjungpinang yang turut dihadiri Plt. Gubernur Kepri Isdianto, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Gunawan, serta Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana, Minggu (28/7/2019). (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra)
Isdianto mengatakan satu upaya mewujudkan kesejahteraan adalah adanya pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.
Meminimalisir persoalan juga harus menjadi konsen utama pemerintah dalam bekerja.
Isdianto juga membahas tentang perizinan ke depan, semua harus berpusat pada satu atap.
“Kita akui memang terdapat beberapa persoalan tapi mulai minggu depan kita pastikan semua perizinan akan dilimpahkan kepada PTSP (dinas terkait),” lanjut Isdianto.
Kedatangan rombongan disambut baik oleh Pemda. Isdianto berharap supaya hasil pertemuan dan bertukar pikiran hari itu dapat membawa banyak hal baik untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat.
“Hasil musyawarah di pusat nantinya dapat diturunkan kembali kepada daerah, dan membawa dampak positif bagi daerah,” harap Isdianto.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI selaku Ketua Rombongan Herman Kaheron mengatakan bahwa kunjungan kerja dalam rangka reses kali ini merupakan yang terakhir pada periode 2014 - 2019.
“Tentunya hasil pertemuan ini sangat penting untuk dapat melahirkan rekomendasi untuk periode 5 tahun selanjutnya,” kata Herman. 
Herman menjabarkan bahwa terdapat beberapa hal dalam pembahasan yang akan didiskusikan antara lain:
1. Penyelenggaraan Pemerintahan, Reformasi dan Birokrasi;
2. Pelayanan Publik;
3. Evaluasi Rekruitmen CPNS 2019 dan Tenaga Honorer;
4. Pengelolaan Arsip Daerah;
5. Pengembangan Kompetensi SDM;
6. Penyelesaian Program e-KTP;
7. Pengelolaan Daerah Perbatasan di Provinsi Kepri;
8. Evaluasi Pileg, Pilpres 2019 dan persiapan Pilkada 2020.
Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat peresmian rumah susun Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam di Jalan Dang Merdu Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Batam Provinsi Kepri, Jumat (19/7/2019).
Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat peresmian rumah susun Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam di Jalan Dang Merdu Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Batam Provinsi Kepri, Jumat (19/7/2019). (TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI)
“Berbagai masukan yang dijabarkan dalam kesempatan ini sekiranya menjadi catatan yang penting agar disampaikan kepada Plt Gubernur, sehingga dari masukan ini dapat mengaselerasi kinerja pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat,” lanjut Herman.
Ada 17 anggota Komisi II DPR RI dan sejumlah mitra kerja (pendamping) antara lain Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi Sekretariat Kabinet Syafrudin, Asdep Bidang Ketahanan Pangan, Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sekretariat Kabinet Ida Dwi Nilasari, Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara Reni Suzana hadir juga dalam rapat tersebut.
Selain itu ada Plt Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro, Asdep Infrastruktur Fisik BNPP Heru Matador, Plt Sekretaris Utama Arsip Nasional Multi Siswati, Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kemenpan-RB Hendro Witjaksono, Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim, Kabiro Perencanaan dan Data KPU RI Sumariyandono, Kabiro Umum KPU RI Yayu Yuliani, Staf Ahli Bidang Hukum dan Kesbang Kemendagri Didik Suprayitno dan Direktur Fasilitas Kelembagaan dan Kepegawaian Dirjen Otda Kemendagri Makmur Makbun.
Dalam rapat itu terjadi diskusi intens yang dimulai dari penjabaran masing-masing mitra kerja dari pusat terkait 8 hal yang menjadi materi pertemuan.
Semua hal tersebut terkait dengan kondisi dan keadaan terakhir yang terjadi di Kepri.
Secara umum paparan terkait Penyelenggaraan Pemerintahan, Reformasi dan Birokrasi untuk Kepri sendiri berada dalam kondisi yang baik.
Nilai yang didapat Kepri adalah B dan untuk sistem akuntabilitas kinerja pemerintah masuk rating BB, itu sudah cukup baik dibanding nilai rata-rata.
Kemudian terkait pelayanan publik yang dipaparkan oleh Kepala Kanwil Ombudsman, Kepri sendiri masuk zona hijau untuk standar pelayanan publik (Tanjungpinang dan Batam).
Terkait evaluasi rekrutmen CPNS 2019 dan Tenaga Honorer dari data yang dipaparkan BKN untuk Kepri sendiri sudah berjalan dengan baik lalu untuk Pengelolaan Arsip Daerah terkait pengembagan arsip daerah juga cukup baik apalagi Kepri telah memiliki kebijakan kearispan baik Perda maupun Pergub meskipun dinilai Kepri masih perlu kebijakan lain yang cukup penting yakni sistem klasifikasi keamanan.
Tentang pengembangan kompetensi SDM untuk Kepri sendiri kelemahan sarana dan prasarana masih terus dalam peningkatan apalagi untuk Kepri sendiri terkait pengembangan kapasitas SDM masuk top 99, ke depan pihak LAN akan mendorong akreditasi lembaga diklat di Kepri.Apalagi nantinya Kepri menjadi pembina bagi 7 kabupaten dan kota.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Isdianto Terima Indonesia Attractiveness Award, Selasa (23/7/2019) malam.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Isdianto Terima Indonesia Attractiveness Award, Selasa (23/7/2019) malam. (Istimewa)
Untuk Penyelesaian Program e-KTP, paparan dari Kemendagri selama 4 tahun ke belakang pusat terus melakukan sejumlah inovasi yaitu pembuatan e-KTP tanpa surat pengatar RT/RW, Akta kelahiran secara online, perekaman e-KTP tanpa perlu mengubah data boleh dibuat di luar domisili.
Sedangkan Pengelolaan Daerah Perbatasan di Provinsi Kepri sendiri terdapat 40 titik lokasi terkait rencana pembanguann berbasis kecamatan dan dari 111 pulau terluar yang ada di Indonesia 22 ada di Kepri dan itu masuk ke program pembangunan pulau terluar.
Terakhir terkait evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 dan persiapan Pilkada 2020 secara umum untuk Kepri sendiri dinilai berjalan dengan sukser, aman dan lancar. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra)
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Thom Limahekin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved