Begini Penjelasan PLN Soal Padamnya Listrik di Wilayah Jawa

Aliran listrik dilaporkan mati di sejumlah wilayah di Pulau Jawa sejak sekitar pukul 12 siang Minggu tadi (4/8/19).

Begini Penjelasan PLN Soal Padamnya Listrik di Wilayah Jawa
kontan
Transmisi PLN 

TRIBUNBATAM.id - Aliran listrik dilaporkan mati di sejumlah wilayah di Pulau Jawa sejak sekitar pukul 12 siang Minggu tadi (4/8/19).

Hal ini berimbas dengan terganggunya sejumlah jaringan seluler dan fasilitas umum. Bahkan, empat perjalanan MRT di Jabodetabek terhenti, dan para penumpang harus dievakuasi.

Netizen pun banyak yang membicarakan soal pemadaman ini di media sosial.

Menanggapi pemadaman ini, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan terjadi gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV.

Hal ini lanjut, I Made Suprateka, membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Facebook Bakal Ganti Nama WhatsApp dan Instagram, Jadi Apa Yaa?

Inilah 7 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Termahal Rp 1,7 Miliar

Jadwal Siaran Langsung Live Streaming MotoGP Republik Ceska 2019 - Ambisi Marc Marquez

Kembali Terjadi, Penembakan Massal di Texas Tewaskan 20 Orang

 

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaa," ujar I Made Suprateka dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (4/8/2019).

"Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," tutup dia.

Di Jawa Barat terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan padamnya sejumlah Area sbb : Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Made melaporkan, saat ini PLN sudah melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi padamnya aliran listrik yaitu mengamankan ground steel wire (GSW) yang putus di menyalakan gardu traksi (GT) di Suralaya.

PLN juga segera melaksanakan scanning assesment kondisi GSW setipe.

Selain itu, unit pelayanan pengaturan beban (UP2B) PLN melakukan pengaturan beban untuk meminimalisir pemadaman. (*)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved