BATAM TERKINI

Idul Adha 1440 Hijriah, Masjid Agung Batam Siapkan 1.000 Kupon Daging Kurban

Total hewan kurban yang akan disembelih di Masjid Agung tahun 2019 ini berjumlah 29 ekor, terdiri dari 21 ekor kambing dan 8 ekor sapi.

Idul Adha 1440 Hijriah, Masjid Agung Batam Siapkan 1.000 Kupon Daging Kurban
TIME AND DATE
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ada yang berbeda dari penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Batam, tahun ini.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini seluruh panitia penyelenggara merupakan pengurus dan karyawan Masjid Agung.

"Sebelumnya, panitia penyelenggaranya dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) masjid agung. Tahun ini murni dari pengurus dan karyawan masjid," kata Ketua Masjid Agung Batam, Firmansyah, Jumat (9/8).

Sedangkan dari LAZ, menggelar kurban di tempat lain.

Firman mengatakan, tahun ini pihaknya hanya membuat proposal ke beberapa lembaga saja. Tujuannya, supaya masyarakat tetap bisa berkurban di masjid-masjid lain.

Hal ini juga terlihat dari jumlah hewan kurban yang akan disembelih, usai salat Ied, Minggu (11/8) di Masjid Agung Batam.

Firman menyebut total hewan kurban di Masjid Agung tahun ini berjumlah 29 ekor. Terdiri dari 21 ekor kambing dan delapan ekor sapi.

Tahun Ini, Akan Ada 635 Titik Lokasi Salat Idul Adha 1440 Hijriah di Batam

Sambut Idul Adha 1440 H, Pemko Gelar Lomba Pawai Takbir Berhadiah Total Rp 36 Juta

"Salah satu sapi ini dari wali kota, pak Rudi," ujarnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, akan berkurban di Masjid Baiturrahman di Sekupang.

Dan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wilayah kurbannya tersebar di beberapa tempat.

Pihaknya masih membuka kesempatan bagi masyarakat, jika masih ada yang mau berkurban di Masjid Agung. Minggu itu, dari total 29 ekor hewan kurban, akan dibagikan sekitar 1.000 kupon daging kurban.

Kupon daging kurban akan dibagikan sekitar pukul 9 pagi. Sedangkan untuk pengambilannya sekitar pukul 14.30-17.00 WIB. Pihaknya meminta bantuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polsek Batamkota untuk keamanan dan ketertiban saat kegiatan berlangsung.

"Kalau lewat pukul 5 sore, tak dilayani lagi," kata Firman.

Untuk diketahui, tahun lalu Presiden RI Joko Widodo telah merestui hibah aset dari Badan Pengusahaan (BP) Batam ke Pemerintah Kota Batam. Diantara aset yang dihibahkan itu, Masjid Agung Batam dan Masjid Baiturrahman. Kini kedua masjid ini, sudah dikelola Pemko Batam. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved