BATAM TERKINI

Layani Magang hingga Beasiswa, Ini Keuntungan Hadirnya Migas Centre di Kampus Batam

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara, berharap kehadiran Migas Center akan lahir rasa ketertarikan mahasiswa di bidang migas.

Layani Magang hingga Beasiswa, Ini Keuntungan Hadirnya Migas Centre di Kampus Batam
net
logo SKK migas 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Utara, Avicenia Darwis berharap, dengan kehadiran Migas Center ini, akan lahir rasa ketertarikan mahasiswa di bidang migas.

"Apa mereka mau magang, beasiswa, dan sebagainya. Jadi satu pintu informasinya di situ," kata Avi, sapaannya, Kamis (22/8).

Selain itu, dengan kurikulum yang diberikan para praktisi migas di Migas Center ini, diharapkan dapat mempertebal pengalaman aktivitas mahasiswa.

"Ini untuk keperluan kerja juga. Jadi kalau ada wawancara kerja dengan adanya pengalaman aktivitas di migas, harapan lulusnya lebih besar," ujarnya.

Tak cukup sampai di situ, sebagai agen migas di tingkat universitas, mahasiswa yang sudah dibekali pengetahuan di bidang migas ini, juga punya tanggungjawab meneruskan pengetahuannya kepada pihak lain.

"Satu Migas Center ini punya tanggungjawab untuk 10 greenschool berwawasan migas. Jadi pengetahuan yang didapat itu bisa disebar ke daerah lain, termasuk di pelosok daerah," kata Avi.

Ingin Ada Agen Migas di Kampus Batam, SKK Migas Siapkan Migas Center di Universitas Ini

Hadirkan Lapangan Kerja, SKK Migas Ungkap Dampak Positif Kehadiran Sektor Hulu Migas

SKK Migas Gelar Diskusi di Batam, Ini Permintaan Bupati Natuna Terkait Nasib Pemuda Tempatan

Kepala Departemen Humas SKK Migas Wilayah Sumbagut, Evy Yanti menambahkan, di Migas Center ini para mahasiswa akan dikenalkan dengan industri migas.

Mulai proses tender sampai ke penutupan satu sumur, berakhirnya kontrak.

Dikatakan, 60 persen kegiatan di migas ini sebenarnya kegiatan non teknis. Sekitar 40 persennya, baru kegiatan teknis.

"Di awal kegiatan itu ada kontrak. Di situ juga butuh orang hukum, komunikasi, keuangan, sosiologi dan sebagainya. Setelah kontrak dan eksplorasi, baru sifatnya teknis," kata Evy

Saat ini, lima Migas Center di wilayah kerja SKK Migas masih dalam proses pembangunan.

Targetnya akhir November, lima Migas Center ini selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan.

"Migas Center ini program dari SKK Migas di Sumbagut. Tapi sebelumnya kami juga melihat program ini di Pamalu," ujarnya. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved