Ssstt, Begini Cara Hapus Jejak Digital tentang Diri Kita dari Internet

cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir supaya orang lain nggak tahu tentang data kita di internet dengan cara menghapus jejak digitalnya.

Ssstt, Begini Cara Hapus Jejak Digital tentang Diri Kita dari Internet
Twitter/apriandhys
Cara hapus jejak digital di internet 

TRIBUNBATAM.id - Kita mungkin udah sering dengar tentang omongan bahwa apa yang udah di internet itu nggak akan bisa hilang atau dihapus.

Hal ini mungkin benar, tapi ada juga cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir supaya orang lain nggak tahu tentang data kita di internet dengan cara menghapus jejak digitalnya.

Cara tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @apriandhy. Pengetahuannya tersebut ternyata menarik perhatian banyak netizen yang kemudian membuat postingan itu viral.

Cara pertama, ia menyarankan untuk mencari nama kita sendiri di Google, terutama nama lengkap dan nama panggilan yang dikenal oleh orang lain sebagai identitas kita.

Baru Diluncurkan, Ini 5 Fitur Keren di Kamera Galaxy Note 10 dan Note 10+

Kolaborasinya dengan Liam Gallagher Adidas Segera Luncurkan Sneakers Terbaru

Disney Rilis Trailer untuk Serial The Mandalorian, Ini Sinopsisnya

Arema FC Perkenalkan Takafumi Akahoshi Jelang Lawan Bali United

 

Jika ada link ke Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, atau situs lainnya, lalu tentukan data diri di situs mana yang ingin "disembunyikan".

Kemudian ia menjelaskan satu-satu bagaimana caranya menyembunyikan data diri dari tiap situs. Ia menyarankan untuk melakukannya lewat PC/laptop.

Seperti kalau ingin menghilangkan profil Facebook di pencarian Google, caranya adalah dengan masuk ke setting, pilih tab privacy, lalu hapus check list dari opsi "Do you want search engines outside of Facebook to link to your profile?.

Dengan melakukan itu, hasil pencarian nama kita yang mengarah ke profil Facebook nggak akan muncul di Google. Pengaturan privasi lebih detil juga bisa dilakukan untuk posting, foto, notes, album foto, dan lain-lain.

Sedangkan untuk Twitter, profil pencarian nggak bisa dihilangkan dari Google. Maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunci akun supaya nggak terbuka untuk publik. Cara serupa juga dilakukan pada akun Instagram.

Untuk akun LinkedIn, ia menjelaskan untuk mengatur privasinya mirip seperti akun Facebook. Buka profil, lalu matikan "Profile Public Visibility".

Ia juga menjelaskan cara untuk situs-situs yang lain seperti Tumblr, Blogger, Wordpress dan lainnya, yang bisa kalian simak di utasan tersebut.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved