Suami Terlalu Romantis dan Selalu Bersihkan Rumah, Istri Gugat Cerai; Efek Modernisasi Arab

Dr Muhammad Faisal MA, menyebut fenomena yang terjadi di Fujairah, adalah efek modernisasi di Arab.

Suami Terlalu Romantis dan Selalu Bersihkan Rumah, Istri Gugat Cerai; Efek Modernisasi Arab
Ilustrasi
ILUSTRASI - contoh iklan konsultasi pernikahan di Dubai. 

TRIBUNBATAM,ID —  Bukan karena suami selingkuh, bertabiat kasar,  atau tak punya kerjaan tetap, seorang istri di Teluk Oman, Uni Emirat Arab (UEA), menggugat cerai suaminya.

Hakim Pengadilan Syariah di Fujairah, menyebut kasus gugatan cerai ini langka. 

Majelis hakim belum mengetuk palu atas kasus unik ini, dan menyarankan keduanya rujuk dan pihak keluarga mendamaikan mereka.

Ketua STAIN Sultan Abdurrahman (SAR) Kepulauan Riau, Dr Muhammad Faisal MA, menyebut fenomena yang terjadi di Fujairah, adalah efek modernisasi di Arab. 

Modernisasi itu  kian terbuka kerena pengaruh teknologi komunikasi dan sosial media.

Doktor Filsafat Pendidikan dari Universitas Johor Malaysia dan alumnus Ushuluddin dari IAIN Surakarta ini, menyebut, dengan mulai longgarnya hukum syariah yang berlaku di Arab Saudi, awal tahun lalu, seperti membolehkan wanita menyetir mobil sendiri, atau melakukan perjalanan luar negeri tanpa mahram (pendamping sah pria), secara otomatis berimbas ke negeri-negeri Arab di sekitarnya.

Acara pelantikan pengurus Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI Cabang Kepri, Selasa (10/7/218) di kampus STAIN Sultan Abdurrahman, Ceruk Ijuk, Toapaya Bintan.
Acara pelantikan pengurus Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI Cabang Kepri, Selasa (10/7/218) di kampus STAIN Sultan Abdurrahman, Ceruk Ijuk, Toapaya Bintan. (tribun batam)

“Tapi kalau dipikir-pikir juga, sesuatu yang keterlaluan juga tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Harus ada keseimbangan. Semoga Alla memberi jalan keluar,” kata Faisal kepada Tribun saat dimintai komentar, Senin (26/8/2019).

Karena dianggap terlalu romantis, terlalu baik, dan tak pernah marah, seorang suami di distrik Fijairah, salah satu 7 emirat (kerajaan kecil) di 128 km timur Kota Dubai, Uni Emirat Arab, digugat cerai oleh istrinya.

Ahmad Shaaban, jurnalis Khaleej Times, media berbahasa Inggris di Dubai, akhir pekan lalu, mewawancara pasangan yang kini masih berperkara di pengadilan syariah di kota berpenduduk 225 ribu Jiwa, dan mulai ‘terpapar’ modernisasi dari Dubai.

“Dia terlalu baik, terlalu sayang dan romantis. Padahal saya juga butuh kritik, butuh diskusi,” kata si istri perihal suaminya.

Halaman
123
Penulis: Dipa Nusantara
Editor: thamzilThahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved