Karimun Terkini

Kabupaten Karimun Dilanda Musim Kekeringan, Kementerian PUPR Siapkan Mobil Tangki Air 4.000 Liter

Mobil tangki air berkapasitas 4000 Liter ini merupakan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia

Kabupaten Karimun Dilanda Musim Kekeringan, Kementerian PUPR Siapkan Mobil Tangki Air 4.000 Liter
TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra
Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyemprotkan air dari mobil tangki, 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Satu unit mobil tanki air disiapkan dalam mengantisipasi terjadinya kekeringan dan kelangkaan air bersih di Karimun.

Mobil tangki air berkapasitas 4000 Liter ini merupakan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

Bantuan disalurkan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kepri dan diterima oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo.

Bupati Karimun Keluarkan Peraturan Izin Usaha Toko Modern. Pemilik Harus Jual 20 Persen Produknya

Deretan Kpop Idol yang Akan Rilis Album atau Single Baru Bulan September 2019, Ada Biasmu?

Listrik Padam Lagi, Warga Mulai Pertanyakan Sampai Kapan Pemadaman Bergilir Terjadi di Batam

Penyerahan dan penerimaan bantuan dilaksanakan di rumah dinas Bupati Karimun, jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tanjungbalai Kota.

Selain satu unit mobil tanki, BPPW Kepri 5 Unit hidran umum dari BPPW Provinsi Kepri.

Bantuan tersebut bersifat pinjam pakai yang diperuntukkan dalam kondisi bencana dan berlaku selama enam bulan. Namun jangka waktunya masih bisa diperpanjang apabila masyarakat masih membutuhkan.

"Sebenarnya Pemkab Karimun mengajukan tiga unit mobil kita baru bisa membantu satu unit," kata Kepala BPPW Kepri Albert Reinaldo.

Albert menjelaskan selain digunakan penanggulangan bencana kekeringan saja, tapi dapat dimanfaatkan untuk pendistribusian air ke wilayah-wilayah belum terjangkau jaringan PDAM Tirta Karimun.

"Dan ini bukan untuk komersil, melainkan untuk memenuhi kebutuhan air oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan mobil tersebut akan difungsikan di Pulau Kundur. Pengunaannya akan dikelola oleh PDAM Tirta Karimun.

Rafiq menambahkan pihaknya akan berupaya mempermanenkan tanki air itu.

"Kita akan coba minta secara hibah. Tidak seperti ini yang sifatnya insidentil ketika kita butuh baru bisa dipakai. Tapi itu rencana rencana kedepan dalam mengatasi kelangkaan air di tempat kita," kata Rafiq

Direktur Utama PDAM Tirta Karimun Indra Santo menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan Pemerintah Kabupaten Karimun atas kepercayaannya terhadap pengelolaan bantuan operasional tersebut.

"Kita sampaikan sekali lagi rasa terimakasih atas kepercayaan kepada kami. Semoga ini dapat membantu PDAM dalam pendistribusian air kepada masyarakat," kata Indra. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Putri Larasati Anggiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved