BATAM TERKINI

Masih Ada Kendala, Wali Kota Batam Akui Penerbitan KIA Belum Maksimal

Walikota Batam Rudi mengakui penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) masih belum maksimal karena terkendala sejumlah masalah.

Masih Ada Kendala, Wali Kota Batam Akui Penerbitan KIA Belum Maksimal
TRIBUN BATAM
Walikota Batam Rudi 

Masih Ada Kendala, Wali Kota Batam Akui Penerbitan KIA Belum Maksimal

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota Batam mulai menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2019.

Seperti namanya, kartu ini berfungsi sebagai identitas bagi anak.

"Sekarang anak usia dini punya KIA. Sudah kita berikan secara simbolis kemarin," kata Wali Kota Batam, Rudi, belum lama ini.

Meski begitu, ia mengakui, penerbitan KIA di Batam belum maksimal.

Lantaran baru dimulai, dan baru satu atau dua anak yang memiliki KIA.

Lagipula menurutnya, bukan suatu keharusan bagi anak memiliki kartu identitas saat ini. Dalam artian, belum terlalu dibutuhkan.

"Tapi nantinya tetap akan kita berikan KIA," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan, untuk bisa mendapatkan KIA, orangtua harus menyiapkan sejumlah persyaratan.

Seperti mengisi formulir, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga (KK) dan e-KTP, serta pas foto berwarna 2x3 sebanyak dua lembar.

Untuk memperlancar pendataan, pihaknya bekerjasama dengan seluruh camat di Kota Batam. Mereka diminta memberikan sosialisasi terkait KIA kepada sekolah TK dan PAUD di lingkungan masing-masing.

"Ada dua kategori KIA yang akan kita terbitkan," kata Said.

Pertama, untuk anak usia 0-5 tahun, KIA-nya tidak menggunakan foto, masa berlaku hingga lima tahun. Kedua, untuk anak usia 5-17 tahun. KIA akan menampilkan foto anak, masa berlaku hingga usia anak memasuki 17 tahun.

Said mengakui, saat ini pihaknya belum memiliki alat perekaman khusus untuk pembuatan KIA. Alat perekaman yang ada, baru untuk pembuatan e-KTP.

"Sebenarnya sama saja, bisa dipakai buat KIA. Namun alat itu masih kita gunakan untuk perekaman e-KTP," ujarnya. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved