BATAM TERKINI

Bayar Premi BPJS Ketenagakerjaan Rp 16.800 Sebulan, Bisa Terlindungi Selama Kerja

Iuran BPJS Ketenagakerjaan diklaim relatif terjangkau dibandingkan manfaat yang diberikan saat terjadi musibah kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

Bayar Premi BPJS Ketenagakerjaan Rp 16.800 Sebulan, Bisa Terlindungi Selama Kerja
TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Suasana pemukulan gong sebagai tanda secara resmi Pasar Botania 2 Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Selasa (3/9/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam Nagoya bersama Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kota Batam meresmikan Pasar Botania 2 menjadi Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Penandatanganan ini sudah dilakukan kedua kalinya, yang sebelumnya di Pasar Cahaya Garden.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal mengatakan peresmian Pasar Botania 2 sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan merupakan salah satu bentuk sinergis antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kota Batam. Kerja sama ini sebagai wujud mengimplementasikan perlindungan Jaminan Sosial terhadap pekerja di Kota Batam.

Surya juga menambahkan acara ini digelar guna membangun kesadaran para pedagang dan masyarakat akan program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya para pelaku usaha yang ada di kawasan tersebut.

"Pasar Botania 2 ini merupakan Pasar Sadar Jaminan Sosial kedua yang telah kita resmikan, selain menjaring kepesertaan, kegiatan ini diharapkan memberikan edukasi kepada pelaku usaha dan pengunjung pasar, agar masyarakat lebih mengenal program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menumbuhkan kesadaran pentingnya perlindungan jaminan sosial,” ujarnya, Selasa (3/9/2019).

Dalam kesempatan itu, dilaksanakan penandatangan MoU antara BPJS Ketengakerjaan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam terkait perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan terhadap pelaku usaha perdagangan di Kota Batam.

9.000 Tenaga Kerja 48 Pasar di Batam Belum Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Surya juga mengajak para pekerja sektor informal yang ada di kawasan tersebut seperti para pedagang, tukang parkir, buruh angkut dan tukang ojek untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga ke depannya Pasar Botania 2 dapat menjadi role mode dalam memberikan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja.

"Cukup bayar Rp 16.800 para peserta sudah bisa terlindungi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM). Jika para peserta ingin mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT), mereka cukup menambahkan sebesar Rp 20.000”, katanya.

Menurutnya iuran BPJS Ketenagakerjaan relatif terjangkau dan murah bila dibandingkan dengan manfaat yang diberikan saat terjadi musibah kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

Ia mengatakan peserta yang sudah terlindungi jika terjadi kecelakaan kerja maka akan mendapatkan perawatan dan pengobatan sampai sembuh di Pusat Layanan Kecelekaan Kerja (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan.

“Jika mengalami kecelakaan kerja peserta tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, semua biaya pengobatan akan kami tanggung sampai sembuh, sedangkan jika tenaga kerja meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp 24 juta,” katanya.

Acara ini dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Pebrialin, Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau, Kabid Pasar, Zulkarnain, dan lain sebagainya.

“Risiko dan musibah tidak bisa diprediksi, maka dari itu betapa pentingnya perlindungan sosial bagi pekerja, bayangkan jika almarhum tidak terdaftar, bukan tidak mungkin bisa menambah angka kemiskinan karena hilangnya penghasilan dan tulang punggung keluarga," tutur Surya.

Surya mengaku pihaknya akan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang yang ada di wilayah Kota Batam untuk ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Perlu adanya dukungan dari Pemerintah kota, stakeholder dan pihak-pihak terkait lainnya dalam mewujudkan hal itu, diharapakan ke depannya coverage perlindungan jaminan social bagi pekerja bisa terwujud secara merata di Kota Batam,” tutur Surya. (tribunbatam.id/roma uly sianturi)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved