DPR Lakukan Operasi Senyap dan Kejar Tayang, Tiba-tiba Sahkan Revisi UU KPK

Dalam sidang paripurna kemarin, seperti dicucuk hidung, tak ada fraksi yang mengajukan keberatan atau interupsi. Semuanya setuju tanpa beban!

DPR Lakukan Operasi Senyap dan Kejar Tayang, Tiba-tiba Sahkan Revisi UU KPK
kompas.com
Gedung KPK 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - DPR RI periode 2014-2019 yang akan habis masa berlakunya tiba-tiba membuat kejutan.

DPR diam-diam mempersiapkan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (RUU KPK) dan tanpa diketahui publik, tiba-tiba mensahkan revisi itu, Kamis (6/9/2019).

Tiba-tiba saja DPR menggelar rapat paripurna yang salah satu agendanya adalah mengesahkan RUU KPK menjadi inisiatif DPR.

"Apakah RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dapat disetujui menjadi usul DPR?" tanya Wakil Ketua DPR Utut Adianto selaku pimpinan rapat.

Seluruh anggota DPR yang hadir pun kompak mengatakan setuju dan Utut yang juga pecatur nasional pun mengetok palu. Skak mat!

Operasi senyap dan kejar tayang menjelang pensiun itu langsung menimbulkan reaksi publik.

Padahal, DPR sendiri punya tungghakan 43 RUU yang sampai kini tak jelas ujungnya. Sungguh beda perlakuannya.

Dilansir Kompas.com, konsolidasi dan lobi-lobi yang dilakukan anggota DPR di belakang layar membuat revisi berjalan mulus.

Proses menghidupkan lagi revisi UU KPK yang sempat tertunda beberapa kali --sejak pemerintahan SBY-- dilakukan oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR. Namun, agenda rapat terbaru mengenai pembahasan RUU KPK ini tidak pernah terpublikasikan atau diliput media.

Dalam sidang kemarin, seperti dicucuk hidung, tak ada fraksi yang mengajukan keberatan atau interupsi.  Tak ada juga perdebatan antara parpol pendukung pemerintah dan parpol oposisi, semuanya anteng tanpa beban.

Halaman
1234
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved