Suap Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, KPK Tahan Kock Meng, Inilah Duduk Perkaranya

Kasus suap Gubernur Kepulauan Riau (nonaktif) Nurdin Basirun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Kock Meng, pengusaha asal Batam.

Suap Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, KPK Tahan Kock Meng, Inilah Duduk Perkaranya
IST
Pengusaha Batam Kock Meng Resmi Ditahan KPK 

TRIBUNBATAM.id -  Kasus suap Gubernur Kepulauan Riau (nonaktif) Nurdin Basirun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Kock Meng, pengusaha asal Batam.

Kock Meng ditahan di rumah tahan (rutan)  Cabang KPK C1 Jakarta  Pusat.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah Kamis (12/9)  menjelaskan,  untuk 20 hari ke depan Kock Meng ditahan.

"Untuk kepentingan penyidikan, Komisi Pemberantasan Korupsi menahan tersangka KMN (Kock Meng) di Rutan Cabang KPK C1, Jakarta. Untuk 20 hari pertama terhitung mulai 11 September 2019," kata Febri.

Ia menjelaskan, dalam penyidikan ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap delapan orang sebagai saksi yang terdiri dari unsur kepala dinas, anggota DPRD dan pihak swasta.

Penetapan Kock Meng menjadi tersangka,  diduga terlibat dengan kasus Nurdin Basirun Gubernur Kepri (non aktif),  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri Edy Sofyan,  Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri Budi Hanono,  dan Abu Bakar pihak swasta yang berperan sebagai pemberi suap. Keempat nya sudah di-OTT Rabu 10 Juli 2019 di Batam.

Dijelaskan Febri, kelimanya terlibat dalam perkara suap terkait Penerbitan Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau~Pulau Kecil (RZWP3K) di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019.

"Perkara ini terkait dengan izin reklamasi di beberapa area di Kepulauan Riau. Yang selama ini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. KPK sangat prihatin dan kecewa pengelolaan sumber daya alam diabaikan sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dengan nilai kerugian yang tak sebanding dengan investasi yang diterima," tutur Febri.

Dua kali suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka baru kasus dugaan suap Penerbitan Peraturan Daerah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019.

Halaman
123
Penulis: Leo Halawa
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved