Bahas Bank Wakaf Mikro hingga Fintech, OJK Gelar Pelatihan dan Gathering Media Massa Sumbagut

OJK menggelar pelatihan dan gathering media massa untuk area Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan memberikan sejumlah materi soal keuangan.

Bahas Bank Wakaf Mikro hingga Fintech, OJK Gelar Pelatihan dan Gathering Media Massa Sumbagut
TRIBUNBATAM.ID/TRI INDARYANI
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pelatihan dan gathering media massa untuk area Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mulai Kamis (12/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019). 

TRIBUNBATAM.id, YOGYAKARYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pelatihan dan gathering media massa untuk area Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mulai Kamis (12/9/2019) hingga Minggu (15/9/2019).

Dalam acara yang digelar di The Pheonix Hotel Yogyakarta tersebut dihadiri jurnalis dari sejumlah media massa mulai dari wilayah Aceh, Medan, Padang hingga Batam.

Ada sejumlah materi yang diberikan oleh narasumber selama pelatihan tersebut. Mulai pembahasan terkait Bank Wakaf Mikro (BMW), perkembangan fintech dan inovasi keuagan digital (Panel) hingga perkembangan industri jasa keuangan Sumatera Bagian Utara.

Dalam kesempatan tersebut, OJK juga mengundang redaktur Media Jakarta untuk memberikan materi terkait cara menulis berita ekonomi di era digital.

Bicara soal Bank Wakaf Mikro (BMW) sendiri, Suparlan, Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Mikro mengungkapkan, lembaga ini merupakan lembaga yang dibentuk untuk membantu permodalan usaha kecil mikro (UMKM).

MENGENAL Bank Wakaf Mikro: Tidak Boleh Himpun Dana Warga, Hanya Donatur. Begini Cara Penyalurannya

"Ada 92 juta lebih usaha yang ada di Indonesia, dan 98 persen di antaranya adalah usaha mikro. Sisanya adalah usaha besar," katanya.

Yang jadi persoalan, usaha kecil mikro ini masih kesulitan untuk mengakses pinjaman untuk modal ke perbankan konvensional.

Sehingga, dibentuklah lembaga yang akan membantu mereka untuk mendapatkan modal dengan cara mudah dengan sistem imbal hasil yang dibuat dengan sistem berkelompok.

"Dana ini didapatkan dari donatur yang memang berniat membantu usaha kecil. Kemudian dana ini disalurkan melalui BWM dengan imbal hasil sebesar 3 persen," jelasnya.

Dana yang dikembalikan plus imbal hasil 3 persen itu, nantinya akan diputar lagi atau disalurkan ke BWM lain agar semua bisa merasakan manfaat bantuan dana dari donatur.

Halaman
12
Penulis: Tri Indaryani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved