BREAKINGNEWS

BREAKINGNEWS - Pemkab Bintan Tutup 2 Lokalisasi dan Pulangkan 56 PSK

Pemerintah menutup 2 lokalisasi di Kabupaten Bintan dan memulangkan 56 PSK yang selama ini beroperasi di dua tempat lokasisasi tersebut.

BREAKINGNEWS - Pemkab Bintan Tutup 2 Lokalisasi dan Pulangkan 56 PSK
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Pemerintah menutup 2 lokalisasi di Kabupaten Bintan yakni lokalisasi Bukit Indah Km 24 Toapaya dan lokalisasi Bukit Senyum Km 79 Tanjunguban, Senin (16/9/2019). 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Pemerintah menutup 2 lokalisasi di Kabupaten Bintan yakni lokalisasi Bukit Indah Km 24 Toapaya dan lokalisasi Bukit Senyum Km 79 Tanjunguban, Senin (16/9/2019).

Setelah penutupan dua lokalisasi itu ada sebanyak 56 orang pekerja s3ks komersial (PSK) yang dipulangkan ke kampung halamannya.

Pemulangan puluhan PSK juga dilaksanakan saat launching pemberian bantuan dan pemulangan penghuni eks lokalisasi yang dipusatkan di lokalisasi Bukit Senyum Km 79 Tanjunguban.

Pada pemulangan itu, turut hadir Direktur Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kementrian Sosial RI, Waskito Budi Kusumo, Bupati Bintan, Apri Sujadi serta sejumlah pejabat terkait lainya.

Pada kesempatan itu, Waskito menuturkan dengan ditutupnya aktifitas prostitusi di dua tempat lokalisasi ini, diharapkan bisa mengembalikan eks PSK ke titik nol.

"Maksudnya, para wanita eks penghuni lokalisasi yang dipulangkan bisa membuka lembaran baru di kehidupanya mulai dari nol," tuturnya.

Sementara itu,Bupati Bintan Apri Sujadi pada sambutannya di hadapan para eks penghuni lokalisasi dan warga dilokalisasi menyampaikan, setelah ditutup aktifitas prostitusi di dua lokalisasi didaerahnya, tugas selanjutnya mengawasi prostitusi terselubung.

Lokalisasi Ilegal Pokok Jengkol Batam, Sudah Sering Dirazia Tapi Masih Banyak yang Datang Kesana

"Kita tinggal melakukan pengawasan,"ucapnya.

Apri juga menyebutkan, dengan tiadanya kawasan prostitusi terpusat ini, Apri mengibaratkan ada 'Senyum Indah' bagi kehidupan warga Bintan.

"Ya filosofinya yang ditutupkan lokalisasi di Bukit Indah dan Bukit Senyum, jadinya Senyum Indah bagi kita semua. Insya Allah," terang Apri di sela-sela sambutannya.

Kepala Dinas Sosial Bintan, Edi Yusri yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi penutupan lokalisasi menyebutkan, bahwa ada 56 orang PSK yang dipulangkan ke kampung halamannya.

Pada pemulangan itu, pihaknya juga memberikan bantuan usaha produksi produktif kepada eks PSK sebesar Rp 6 juta yang diserahkan sebagai bantuan usaha di kampung halamannya.

"Kalau para PSK yang kita pulangkan, sebagian besar berasal dari Jawa Barat dan daerah lain di pulau Jawa," ungkapnya.

Setelah acara launching pemulangan PSK dan dana bantuan telah diserahkan kepada 56 orang PSK, para PSK langsung beranjak menaiki bus yang disediakan sembari menenteng koper.

Mereka pun akan diberangkatkan melalui pelabuhan Bulang Linggi tujuan Bandara Hang Nadim Batam menuju kampung halaman. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved