BATAM TERKINI

TERUNGKAP! Sejak 2014, Sudah 5 Sindikat Kejahatan Siber Skala Internasional Terbongkar di Batam

Penangkapan 47 warga negara (WNA) yang menjadikan Batam sebagai markas kejahatan, Rabu (18/9/2019) lalu ternyata bukan pertama kali terjadi.

TERUNGKAP! Sejak 2014, Sudah 5 Sindikat Kejahatan Siber Skala Internasional Terbongkar di Batam
TRIBUNBATAM.id/ALAMUDIN HAMAPU
Ruko Taman Sukajadi Blok K Nomor 06 -07 Batam Center Kota Batam yang dijadikan tempat tinggal puluhan WNA untuk melakukan tindak kejahatan internasional 

Selama 2014-2019 Ada 5 Kasus Cyber Crime  Jaringan Internasional Yang Melancarkan Aksinya di Kota Batam

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penangkapan 47 warga negara (WNA) yang menjadikan Batam sebagai markas kejahatan, Rabu (18/9/2019) lalu ternyata bukan pertama kali terjadi.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Tribunbatam.id, dari beberapa sumber, ada sejumlah aksi sindikat penipuan dan pemerasan berskala internasional yang pernah terjadi di kota Batam.

Terhitung sejak 2014 - 2019 terdapat beberapa kasus penipuan dan pemerasan  secara online yang dilakukan oleh WNA yang bermarkas di Kota Batam.

Pada 2015 lalu berhasil diungkap 3 kasus penipuan dan Pemerasan jaringan Internasional.

Kasus pertama diungkap pada 19 Juli 2014, yakni di Jalan Muara Takus, Bukit Senyum Kota Batam yang tak jauh dari rumah Dinas Kapolresta Batam.

Tak Ada WNI Dirugikan, Ternyata 47 WNA Penjahat Siber Bermarkas di Batam Buronan Interpol

Bermarkas di Batam Selama 2 Bulan, Ternyata 47 Penjahat Siber Asal Taiwan Belum Digaji

Di mana Mabes Polri dibantu Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri  mengamankan  22 WNA  yang terlibat dengan sindikat  kejahatan siber internasional.

Kurang lebih setahun berlalu, tanggal 5 Mei 2015 petugas imigrasi Batam mengamankan 22 WNA yang diduga ikut dalam sindikat judi online di perumahan Sukajadi Batam Center kota Batam.

Pada tanggal (25/6/2015) penangkapan dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Kepulauan Riau berlokasi di dua tempat yang pertama mengamankan 38 orang di perumahan Palm Spring Batam Center yang kedua mengamankan 20 orang di perumahan Crown Hill Batam center dengan kasus jaringan penipuan dan pemerasan internasional dengan sarana alat telekomunikasi.

Selanjutnya, penangkapan terhadap 12 orang  WNA diamankan petugas Imigrasi di Perumahan Duta Mas, Kamis 29 Juli 2015.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved