Dapat Pelatihan Akuntansi Berbasis Teknologi di Fakultas Ekonomi UMRAH, Pengusaha Kecil Antusias

Sebanyak 18 pengusaha UMKM di Tanjungpinang mengikuti pelatihan di Laboratorium Komputer FE UMRAH di Senggarang Tanjungpinang

Dapat Pelatihan Akuntansi Berbasis Teknologi di Fakultas Ekonomi UMRAH, Pengusaha Kecil Antusias
dok. FE UMRAH
Suasana pelatihan akuntansi berbasis teknologi yang digelar Fakultas Ekonomi UMRAH kepada pengusaha UMKM di Tanjungpinang 

TRIBUNBATAM.ID, TANJUNGPINANG - Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

FE UMRAH menggelar “Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis MS Excel dan Access bagi UMKM selama dua hari, Kamis-Jumat (19-20/9/2019) pekan lalu.

Sebanyak 18 pengusaha UMKM di Tanjungpinang mengikuti pelatihan di Laboratorium Komputer FE UMRAH di Senggarang.

Peserta pelatihan antusias mengikuti pelatihan karena mereka bisa melakukan praktik simulasi sistem keuangan di depan komputer secara langsung.

Nurdin Minta KPK Juga Periksa Isdianto, Begini Reaksi Isdianto

Nunggak Uang Kos, Tengah Malam Rani Diusir Pemilik Kos di Nongsa Batam hingga Pingsan di Jalan

Jaring 8 Balon untuk Pilwako Batam, PDIP Fokus ke Pilgub Kepri

Dua dosen FE UMRAH, Sri Ruwanti SE, MSc dan Hadli Lidya Rikayana SE, MSi menjadi narasumber dalam pelatihan penuh suasana keakraban itu.

Selain usaha kuliner, peserta pelatihan menekuni berbagai jenis usaha UMKM lainnya di Tanjungpinang. Mulai dari fesyen, kerajinan akrilik, jamu, usaha dekorasi dan peralatan dekor luar ruangan (outdoor) dan sebagainya.

Hampir semua jenis usaha terwakili dalam pelatihan kemarin.

"Pelatihan dimaksudkan membantu meningkatkan keterampilan UMKM dalam mengelola keuangan melalui pemanfaataan teknologi informasi," kata Sri Ruwanti, narasumber pelatihan dalam rilisnya, Senin (23/9/2019).

Peserta pelatihan merespon positif kegiatan kemarin, bahkan mereka berharap diadakan lagi kegiatan serupa di waktu mendatang.
Menurut mereka, banyak manfaat diperoleh dari pelatihan, meskipun waktunya terbatas.

"Alhamdulillah, pelatihan sangat bermanfaat sekali, terutama buat kami dalam membuat laporan keuangan usaha. Semoga di lain waktu diadakan lagi pelatihan seperti ini," ucap Yoan, seorang peserta pelatihan sekaligus pemilik usaha coklat Cokalumut Bunda Yoan.

Dia mengaku, pelatihan kemarin penting dan bermanfaat bagi kalangan UMKM dalam mengelola usaha, terutama soal keuangan.
Sebab, sektor keuangan adalah hal yang paling sulit dan rumit bagi para pengusaha kecil seperetri mereka.

Kegiatan kemarin juga menjadi ajang bertukar pikiran soal pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan teknologi.
"Terima kasih buat UMRAH, dan dosen yang sudah menjadi narasumber. Mudah-mudahan ada lagi kegiatan seperti ini," ujarnya. (*)

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved