ANAMBAS TERKINI

KABAR GEMBIRA! Gerai Layanan Urus TDKPI Nelayan Anambas Dibuka 2 hingga 6 Oktober 2019

Gerai Pelayanan Bersama untuk penerbitan TPKP) 0 sampai 10 Gross Tonnage (GT) dan Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan (TDKPI) kembali dibuka.

KABAR GEMBIRA! Gerai Layanan Urus TDKPI Nelayan Anambas Dibuka 2 hingga 6 Oktober 2019
Istimewa
Ilustrasi nelayan 

KABAR GEMBIRA! Gerai Layanan Urus TDKPI Nelayan Anambas Dibuka 2 hingga 6 Oktober 2019

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Gerai Pelayanan Bersama untuk penerbitan Tanda Pencatatan Kapal Perikanan (TPKP) 0 sampai 10 Gross Tonnage (GT) dan Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan (TDKPI) kembali dibuka. 

Staf Pelaksana Loka KKPN Pekanbaru, Yeni Hutanto mengatakan setiap nelayan wajib melaporkan hasil kegiatan penangkapan ikan.

"Hal ini tecantum berdasarkan Permen KP nomor 47 tahun 2016 tentang pemanfaatan wilayah konservasi," ucap Yeni, Selasa (01/10/2019).

Pelayanan ini adalah kali kedua yang diadakan Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Pekanbaru Cabang Anambas.

Sebelumnya dilaksanakan pada Festival Padang Melang, Jemaja.

"Untuk tahun ini kita sudah membuka gerai pelayanan dua kali. Yang pertama saat festival Padang Melang, dan yang kedua di Tarempa yang akan dibuka pada tanggal 2-6 Oktober," ujar Yeni.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan melalui UPT-nya dan memasang spanduk sebagai himbauan di setiap kecamatan serta mengirim SMS .

Tak hanya itu ia juga berharap antusias masyarakat juga timbul dengan dibukanya pendaftaran TPKP dan TDKPI yang akan dilaksanakan di UPT DPPP Kecamatan Siantan, Tarempa.

Di Anambas Ada 2.907 Nelayan Tapi Baru 627 Yang Punya TPKP, Begini Cara Mengurusnya

Walaupun tak ada kerugian yang dialami jika nelayan tidak mendaftar, namun setidaknya nelayan mematuhi Undang-Undang yang harus dilaksanakan.

Untuk masa berlaku kartu tanda pencatatan kapal perikanan hanya berlaku satu tahun.

"Nelayan yang memiliki kapal harus melapor ke Loka KKPN untuk mendaftar dan memperpanjang kartu TPKP dan TDKPI. Syarat mendaftar cukup mudah, nelayan hanya perlu membawa KTP, Kartu Nelayan dan Identitas Kapal. Sedangkan bagi nelayan yang ingin memperpanjang hanya perlu menambahkan dokumen TPKP dan TDKPI, dan prosesnya tak lama satu hari pun selesai," katanya. (tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved