Wali Kota Batam jadi Kepala BP Batam, 1 Bulan Harus Rampungkan 2 KEK, Dimana Saja?

Wali Kota Batam Muhammad Rudi dilantik menjadi Kepala BP Batam, inilah pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

Wali Kota Batam jadi Kepala BP Batam, 1 Bulan Harus Rampungkan 2 KEK, Dimana Saja?
wahyu
Kepala BP Batam Rudi 

TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Batam Muhammad Rudi dilantik menjadi Kepala BP Batam, inilah pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan Wali Kota ec offico Kepala BP Batam untuk menyelesaikan dualisme di Batam.

Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution, memberikan tenggat waktu selama satu bulan untuk dua kawasan ekonomi khusus atau KEK.

"Ya tentu. Sesuai arahan waktu itu, saya diberikan ambang batas waktu selama satu bulan," kata Kepala BP Kawasan Batam yang juga Wako Batam HM Rudi di Batam, Selasa kemaren.

Bandara Hang Nadim Batam dan Turi Beach Bakal Jadi KEK, Ini Janji Rudi Kepala BP Batam Baru

Untuk tahap awal, lanjutnya, setidaknya ada dua KEK yang segera diselesaikan.

Pertama KEK Maintanance, Repair and Overhaul (MRO) di sekitar bandara Hang Nadim Batam dan KEK Nongsa Digital Park, yang merupakan salah satu terbesar di tanah air.

KEK MRO, masih proses pembangunan. Daerah ini sudah terdapat bengkel MRO yang dikelola Lion Grup. Rencananya ke depan, akan dikembangkan bersama Garuda Maintanance Facility.

"Ada, seperti di bandara MRO, untuk memperbaiki pesawat yang sudah dientukan jenisnya. Sesuai arahan ttu boleh masuk ke sini. Bukan Lion sendiri, bisa kerja sama dengan Garuda dan lainnya. Pesawat bisa diperbaiki di sini. Ini yang musti menjadi target kami,'' kata Rudi.

Selain itu, pemerintah pusat juga memerintahkan Rudi untuk menyelesaikan masalah di Pelabuhan Batuampar Batam, dalam waktu empat bulan.

"Perintah langsung Presiden dan Menko, pelabuhan laut menjadi prioritas. Dalam empat bulan ke depan harus ada perubahan. Kita juga tentu konsen dalam hal ini. Bagaimana caranya kita lihat perkembangan di samping pekerjaan segera dilaksana. Iya, mengingat waktu yang diberikan, " ujarnya.

Sejumlah persoalan kata Rudi tidak bisa dikerjakan dengan sendirinya. Tentu melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Rencananya, ia akan mengundang pihak terkait untuk duduk bersama.

Bertujuan untuk mengurai persoalan tersebut, agar segera selesai, sebelum Presiden melakukan kunjungan kerja ke Batam, empat bulan ke depan. Dan solusi tentu untuk terbaik ke depan buat Batam.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Menko Darmin yang telah melantiknya sebagai ex-officio Kepala BP Batam.

"Kita berdoa Batam bisa menjadi role model bagi yang lainnya," ucapnya.(tribunbatam.id/leo Halawa)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved