Breaking News:

Anambas Terkini

P2TP2A Anambas Banyak Menemukan Kasus Pelecehan di Pulau, Biasanya Dilakukan Orang Dekat

Tercatat keseluruhan kasus selama 3 tahun terakhir ada 17 kasus KDRT, 8 kasus kenakalan remaja

tribunbatam.id/Rahma Tika
Kasi Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Pemenuhan Hak Khusus Anak, Fenita (sebelah kiri, jilbab warna biru) bersama Konselor P2TP2A, Erdawati. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Kepulauan Anambas banyak menemukan kasus pelecehan seksual, percobaan pemerkosaan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) hingga pencabulan di Anambas.

Koselor P2TP2A Erdawati menyebutkan tata-rata korban akibat pelecahan seksual tersebut anak dibawah umur.

Erdawati  mencatat pada tahun 2017-2019 terdapat 7 kasus pelecehan seksual anak dibawah umur.

Ia juga menyebutkan tahun ini pihaknya telah menangani 3 kasus pelecehan seksual anak dibawah umur.

"Selama saya menangani kasus pelecehan seksual ini, kebanyakan pelakunya itu bukan orang jauh, masih ada hubungan keluarga dengan si korban. Jadinya mereka keberatan dari pihak keluarga karena alasan masih kerabat atau sepupu. Itu yang sering saya temui, makanya harus dari kita yang dorong dan membantu mereka," ujar Erdawati kepada Tribunbatam.id, Kamis (3/10/2019).

Menurut Erdawati, kendala yang masih dialami oleh P2TP2A saat ini belum berjalannya Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) yang sempat vakum karena masa jabatan yang telah selesai.

"Saat ini KPAD memang masih vakum, dan kita sedang bentuk ulang, dalam waktu dekat KPAD sudah berjalan sebagaimana mestinya," terang Erdawati.

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) tersebut merupakan tim pengawasan secara keseluruhan yang mengawasi kasus perempuan dan anak.

"Mereka bisa langsung turun ke lapangan walaupun hanya mendengarkan isu saja, sedangkan kita tidak bisa langsung turun, kita harus dapat informasi fix dulu baru bisa kita tindaklanjuti," sambung Erdawati.

Kasus pelecehan seksual tersebut banyak yang terjadi di pulau-pulau.

Halaman
12
Penulis: Rahma Tika
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved