HEBAT! Menkominfo Beri Sinyal Aplikasi Ruang Guru Bakal Jadi Unicorn ke-5 Indonesia

Bisnis start-up Indonesia semakin berkibar. Setelah lima perusahaan Indonesia sukses menjadi unicorn, kini bakal bertambah lagi, yakni Ruang Guru.

HEBAT! Menkominfo Beri Sinyal Aplikasi Ruang Guru Bakal Jadi Unicorn ke-5 Indonesia
Kontan.co.id
CEO Ruang Guru Belva Devara 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Bisnis start-up Indonesia semakin berkibar. Setelah empat perusahaan Indonesia sukses menjadi unicorn, kini bakal bertambah lagi satu perusahaan, yakni Ruang Guru.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali memberi sinyal Ruang Guru yang sangat familiar bagi anak-anak sekolah di Indonesia sebagai unicorn Indonesia selanjutnya.

Saat ini Indonesia punya empat unicorn, yakni Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan (fintech) Ovo yang berhasil menembus transaksi 1 miliar dolar AS.

Satu bahkan sudah menjelma menjadi decacorn, yakni Gojek, yang sudah menembus 10 miliar dolar AS, setelah berhasil melakukan ekspansi ke sejumlah negara tetangga, sweperti Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Jelang Pertemuan Bahas Perang Dagang AS vs China Biking Investor Waswas, Wall Street Melorot

Astra Daihatsu Batam Gelar Promo Daihatsu Rocktober, Bayar Rp 4 Jutaan Bisa Bawa Pulang Ayla

Belum Banyak yang tahu, Ini Perbedaan Subwoofer Aktif dan Pasif

Bahkan, Gojek juga sudah mendapat lampu hijau dari kabinet Mahathir Mohamad untuk masuk Malaysia.

Rudiantara berharap satu unicorn baru pada akhir tahun ini.

“Kami berharap ada unicorn lainnya pada akhir tahun ini. Hai Belva,” isyarat Rudiantara sambil menyapa CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara pada acara 10 Tahun Anniversary East Ventures, Senin (7/10/2019).

Sayangnya, ketika dikonfirmasi ulang tentang isyarat itu, Rudiantara enggan menyebut merek.

"Secara teori, yang berpeluang besar menjadi unicorn adalah edutech karena belanja pemerintah untuk sektor pendidikan saja lebih dari Rp 500 triliun. Namun siapa start up yang menjadi unicorn bergantung kepada investor atau venture capital," jelas Rudiantara.

Sebenarnya sejak akhir 2017, Menkominfo sudah menyebut bidang edutech bakal menjadi unicorn selanjutnya di industri start up Indonesia.

Halaman
12
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved