TANJUNGPINANG TERKINI

Sekda Arif Bahas Aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Kepri Masuk Daerah Perbatasan Internasional

Perbatasan merupakan wilayah sentral, apalagi Kepri termasuk wilayah perbatasan, pembangunannya perlu perhatian khusus

Sekda Arif Bahas Aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Kepri Masuk Daerah Perbatasan Internasional
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah saat membuka Rapat Penyusunan Bahan Rencana Aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara Tahun 2021 dan Koordinasi Penguatan Kelembagaan Pengelolaan Perbatasan Daerah di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (16/10/2019). 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah membuka Rapat Penyusunan Bahan Rencana Aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara Tahun 2021 dan Koordinasi Penguatan Kelembagaan Pengelolaan Perbatasan Daerah di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu (16/10/2019).

Dalam sambutannya, Sekda Arif mengatakan Kepri yang wilayahnya berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga dan sebagai beranda terdepan NKRI, perlu penguatan pembangunan di berbagai sektor salah satunya adalah wilayah perbatasan.

"Perbatasan merupakan wilayah sentral, apalagi Kepri termasuk wilayah perbatasan, pembangunannya perlu perhatian khusus selain dalam rangka menjaga kedaulatan negara," kata Arif.

Arif melanjutkan, daerah kepulauan yang Kepri miliki dengan 96 persen wilayah lautnya tentu sebagian besar masyarakatnya hidup di pulau-pulau, keterbukaan akses konektiviti antar pulau harus terus di gesa sehingga pembangunan yang di gagas terlaksana.

"Kita optimis jika wilayah perbatasan ini menjadi prioritas, kesejahteraan masyarakat akan didapat secara merata. Tentu kita ingin daerah kita di berbagai penjuru menikmati pembangunan," lanjut Arif.

Sekdaprov Kepri Buka Lomba Pengucapan Panca Prasetya Korpri antar Perangkat Daerah, Tujuannya Ini

Pria Ini Mendapatkan Kembali Dompetnya yang Hilang Berkat Kebaikan orang Asing, Begini Kisahnya

Dua Mobil Tabrakan di Jalan Nusantara Bintan, Kondisi Jeep Ringsek, Pengemudinya Dioperasi

Maka dalam rapat inilah diharapkan Arif akan memunculkan dokumen yang komperhensif mengenai pembanguann wilayah perbatasan di Kepri antar Pemerintah daerah bersama pemerintah pusat dalam hal ini BNPP.

"Ini kesempatan emas bagi teman-teman untuk menyerap ilmu dari materi yang disampaikan, apa yang harus dibuat dan bagaimana meningkatkan pertumbuhan, pembangunan, pelayanan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan," tambah Arif lagi.

Sementara itu, Plt Sekretaris BNPP RI Suhajar Diantoro selaku narasumber memberikan paparan umum terkait Arah Kebijakan Pengelolaan Batas Wilayah Negara (Kepulauan Riau).

Suhajar mengatakan selama 5 tahun (2014-2019) Presiden Jokowi terus menggesa pembangunan wilayah perbatasan di Indonesia itu di buktikan dengan sejumlah pencapaian kinerja yang dilakukan BNPP RI.

"Saat ini kita sedang menyusun rencana induk pengelolaan perbatasan untuk jangka 5 tahun kedepan lagi," kata Suhajar.

Halaman
12
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved