Breaking News:

Kenapa Yaa Suara Kita Terdengar Lebih Bagus Di Kamar Mandi? Simak 3 Alasan Ini

Pernah kepo nggak sih sob, kenapa kamar mandi bisa membuat suara kita jadi lebih bagus?

Editor: Rio Batubara
Art-Of-Photo
Ilustrasi nyanyi di kamar mandi 

TRIBUNBATAM.id - Mengubah kamar mandi jadi panggung nyanyi udah bukan hal yang lumrah lagi saat ini. Karena pastinya kamu pernah kan nyanyi lagu-lagu kesukaanmu di kamar mandi?

Karena kalau nyanyi di kamar mandi tuh, kita nggak perlu malu dengan  suara kita. Selain karena sepi, kamar mandi juga secara ajaib bisa bikin  suara kita terdengar lebih bagus.

Pernah kepo nggak sih sob, kenapa kamar mandi bisa membuat  suara kita jadi lebih bagus? Buat kamu yang sama kepo-nya dengan HAI, langsung aja nih simak tiga alasannya.

KEREN, Saat Upacara Wisuda, Kampus Ini Pakai Robot Rancangan Mahasiswanya

Begini Cara Mudah Pasang Stiker di Cover Body Motor

 

Gema, Resonansi dan Volume berpengaruh

Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran benda lain.

Syarat terjadinya resonansi yaitu frekuensi alami kedua sumber bunyi harus sama atau kelipantannya. Ketika selaput  suara bergetar, udara di sekelilingnya juga akan ikut mengalami getaran.

Nah, getaran udara tersebut lah yang akhirnya membuat  suara kita terdengar lebih merdu.

Sedangkan gema merupakan proses ketika  suara saling berbaur. Proses gema ini juga berpengaruh banget membuat  suara kita terdengar merdu saat di kamar mandi seperti auto-tune alami!

Material untuk membuat kamar mandi juga berpengaruh banget!

Biasanya kamar mandi dibuat dengan material yang keras seperti ubin.

Permukaan kamar mandi yang halus dan keras akan mempengaruhi volume  suara kita.

Suara akan bergerak bolak-balik di antara dinding kamar mandi dan enggak memudar secepat ketika kita berada di ruangan terbuka.

Selain membuat  suara lebih merdu, semua gelombang  suara yang memantul di dinding menciptakan efek yang dikenal sebagai gema.

Suara kita dipantulkan oleh ubin

Seperti yang udah dijelaskan di atas, material kamar mandi seperti ubin akan memantulkan suara kita.

Saat kita bernyanyi hingga berteriak di kamar mandi, kita menciptakan gelombang suara.

Tiap suara ini juga punya frekuensi yang berbeda tergantung pada nadanya tinggi atau rendah.

Nada yang tinggi memiliki frekuensi lebih cepat, sedangkan nada rendah memiliki frekuensi yang lebih lambat.

Itu tadi beberapa alasan kenapa suara kita bisa terdengar lebih bagus dan merdu saat berada di kamar mandi. Udah terjawab kan rasa penasarannya?

Sumber: Hai
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved