DEMO HONG KONG

Pidato PM Singapura Terkait Demo Hong Kong Dapat Pujian Luas di China Daratan, Ini Katanya

Dalam pidato yang videonya tersebar di media sosial China tersebut, PM Lee mengatakan, negaranya akan "selesai" jika dipukul demo gaya Hong Kong

Pidato PM Singapura Terkait Demo Hong Kong Dapat Pujian Luas di China Daratan, Ini Katanya
CHRISTOPHE ARCHAMBAULT / AFP
Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong 

TRIBUNBATAM.ID, SINGAPURA - Sebuah video Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Konferensi Delegasi Nasional NTUC menyebar luas di China dan mendapat pujian luas warga China daratan.

Mereka menilai sikap PM Lee yang menyinggung Hong Kong sebagai pahlawan dan sebagai pemerintahan Singapura yang kuat.

Dalam pidato yang videonya tersebar di media sosial China tersebut, PM Lee mengatakan, negaranya akan "selesai" jika dipukul oleh protes gaya Hong Kong.

PM Lee berpidato Hari Selasa lalu bahwa gerakan populis tumbuh di berbagai tempat di seluruh dunia, dari Amerika Serikat dan Prancis hingga Hong Kong.

Pembunuh Pacar Hamil yang Picu Demo Hong Kong Bersedia Serahkan Diri ke Taiwan

Sederet Menteri Wajah Lama yang Diprediksi Masuk dalam Kabinet Jokowi-Maruf 

Bom Meledak Salat Jumat, 33 Tewas dan Atap Masjid Runtuh di Afghanistan

PM Lee mengatakan, kondisi Singapura berbeda dengan Hong Kong, namun "kecemasan sosial yang mendalam" juga bisa tumbuh di Kota Singa itu jika tidak diwaspadai.

"Jika itu terjadi pada kita, seperti apa yang terjadi di tempat lain, kita akan menderita konsekuensi yang sama dengan (tempat) lainnya, bahkan jauh lebih buruk karena kita lebih rentan," kata PM Lee seperti dilansir South China Morning Post.

Pandangan PM Singapura Lee Hsien Long viral di media sosial China

“Tidak mungkin Singapura bisa membuat dan melaksanakan keputusan sulit, atau merencanakan kebaikan jangka panjang negara ini ... Saya pikir Singapura akan selesai. "

Pernyataan Lee dengan cepat menyebar di China daratan. Surat kabar Global Times milik pemerintah, yang diterbitkan di bawah People's Daily, memposting potongan pidato Lee di Twitter.

Beberapa posting tentang pidato itu juga muncul di situs microblogging Cina, Weibo.

Salah satunya, yang diterbitkan oleh platform berita Cina Guancha Syndicate, telah menerima lebih dari 4.400 suka dan 600 komentar pada Kamis sore.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved