Jokowi Perkenalkan Kabinet Baru Pagi Ini, Banyak Wajah Baru, dan Deretan Menteri Muda

Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10/2019) pagi ini akan memperkenalkan susunan kabinet barunya bersama Ma'ruf Amin kepada masyarakat.

Jokowi Perkenalkan Kabinet Baru Pagi Ini, Banyak Wajah Baru, dan Deretan Menteri Muda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024 setibanya di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2019). Dalam keterangannya, Presiden Jokowi berterima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden sehingga suasana berlangsung kondusif. 

TRIBUNBATAM.id-- Pagi Ini Senin (21/10/2019), Presiden Joko Widodo perkenalkan susunan kabinet barunya bersama Ma'ruf Amin kepada khalayak.

Rencana ini sudah disampaikan Jokowi sebanyak tiga kali pada Minggu kemarin, di sebelum dan sesudah momen pelantikannya sebagai Presiden RI 2019-2024.

"Besok kita akan kenalkan dulu, menteri-menteri, yang telah kita pilih, kita kenalkan. Ya setelah dikenalkan, tentu saja ya akan segera dilantik," kata Jokowi setibanya di Istana Merdeka usai menghadiri pelantikan di gedung DPR/MPR, Senin (21/10/2019).

Ramalan Zodiak Asmara Senin 21 Oktober 2019, Leo Jangan Berharap, Virgo Mandek, Gemini Kesal

Pendaftaran CPNS 2019 Buka Akhir Oktober, Cek Formasi CPNS Pemko Tanjungpinang di Sini

FAKTA-FAKTA: Pembunuhan Sales Mobil, Diteriaki Maling, Diculik dan Dihabis 4 Pembunuh Suruhan

 

Sebelum memastikan waktu pengumuman kabinet ini, Jokowi juga sudah memberi bocoran kepada wartawan.

Berikut sejumlah fakta terkait kabinet Jokowi-Ma'ruf yang dihimpun Kompas.com berdasarkan bocoran yang disampaikan Jokowi:

1. Komposisi Profesional dan Parpol

Jokowi menyatakan bahwa Kabinet Kerja pada periode mendatang akan diwarnai gabungan menteri dari profesional dan unsur partai politik.

Secara spesifik, Jokowi menyatakan bahwa komposisi menteri dari partai politik memiliki porsi yang sedikit lebih kecil ketimbang kalangan profesional.

"Partai politik bisa mengusulkan, tetapi keputusan tetap di saya. Komposisinya 45 persen," kata Jokowi.

Dengan demikian, perbandingan menteri dari kalangan profesional dengan unsur partai politik adalah 55 persen berbanding 45 persen.

Halaman
1234
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved