BATAM TERKINI

Pemasangan Tapping Box di Batam Mencapai 519 Unit, Bagaimana Realisasi Hasil Pajak?

Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Pemerintah Kota Batam menargetkan akan memasang 500 tapping box pada 2019 ini.

Pemasangan Tapping Box di Batam Mencapai 519 Unit, Bagaimana Realisasi Hasil Pajak?
TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO DA NUGROHO
Pemko Batam sedang menggencarkan pemasangan tapping box di sejumlah tempat usaha termasuk di Warung Sunda Bu Joko di Batam Centre 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam, dari sektor pajak hiburan, restoran, hotel, pemasangan tapping box di Batam sudah mencapai angka 519 unit. Dengan total wajib pajak (WP) sebanyak 483.

"Data ini kita hitung per tanggal 31 Agustus 2019 lalu," ujar Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah kepada Tribunbatam.id, Selasa (22/10/2019).

Ia melanjutkan untuk hotel di Batam yang sudah terpasang sebanyak 85 unit tapping box dengan sebanyak 84 WP. Data ini untuk hotel bintang 2 keatas.

Sedangkan untuk restoran, sebanyak 364 unit tapping box yang sudah terpasang dengan 329 WP. Tak hanya restoran, data ini termasuk Rumah Makan (RM) dan kedai kopi.

"Untuk hiburan, yang sudah terpasang 59 unit tapping box dengan WP 59. Termasuklah itu KTV, Massage, PUP dan Diskotik," katanya.

Jalan Brigjend Katamso Batuaji Dibanjiri Lumpur, Sempat Jatuh Disambar Kendaraan

Atlet IPSI Batam Sabet Juara Umum Event Gubernur Cup

Personel Polda Kepri Ikut Meramaikan Hari Santri Nasional

Ia menambahkan untuk parkir yang sudah terpasang sebanyak 11 unit tapping box dengan WP 11. Diantaranya Bandara, Mall dan Rumah Sakit (RS).

Saat ini pihaknya kembali meminta tambahan tapping box kepada Bank Riau Kepri. Menariknya lagi, pada 2020 mendatang, Bank Riau Kepri memberikan tapping box yang lebih terbaru.

Alat tapping box lebih sederhana dan jauh lebih canggih ketimbang yang sekarang. Namun fungsinya tetap sama.

"Sejauh ini WP yang keberatan tak ada. Hanya kita kekurangan alat saja," kata Raja.

Sebelumnya Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Pemerintah Kota Batam menargetkan akan memasang 500 tapping box pada 2019 ini. Setelah di 2018 lalu sudah terpasang 400 tapping box.

"Penambahan ini wajib . Target minimal 500 lagi tahun ini," ujar Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam Raja Azmansyah.

Diakuinya realisasi pajak daerah periode Januari-Oktober 2018 rata-rata naik 20 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pemasangan tapping box ini memang cukup efektif dalam meningkatkan realisasi PAD Kota Batam.

Raja mengakui kehadiran tapping box akan mempermudah pengawasan dan tentu akan bermuara pada upaya penekanan potensi kehilangan PAD. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved