ANAMBAS TERKINI

Operasi Zebra Mulai Digelar di Anambas, Ini Jenis Pelanggaran yang Banyak Ditemukan

Operasi Zebra Seligi kali ini banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh para pengendara di Anambas. Apa saja?

Operasi Zebra Mulai Digelar di Anambas, Ini Jenis Pelanggaran yang Banyak Ditemukan
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Operasi Zebra Seligi di depan Pos Lantas, Jembatan SP, Jalan Selayang Pandang, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (23/10/2019) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Operasi Zebra Seligi serentak dilaksanakan hari ini (23/10) di seluruh Indonesia.

Termasuk Kabupaten Kepulauan Anambas.

Operasi Zebra Seligi kali ini dipimpin oleh Iptu Boston Butar Butar, dengan lokasi razia di Pos Lantas, Jembatan SP, Jalan Selayang Pandang, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pantauan tribunbatam.id di lokasi razia, beberapa masyarakat yang melintas banyak yang diberhentikan akibat tidak memakai helm dan plat kendaraan bermotor.

Kesadaran masyarakat di Anambas dalam mematuhi aturan lalu lintas cukup minim. Bahkan ada yang dua kali kena teguran tertulis dengan pelanggaran yang sama yakni tidak menggunakan helm.

Salah satunya Iswandi pengendera motor yang melintasi jembatan SP, terlihat tidak menggunakan helm, dengan alasan yang cukup lumrah yaitu lupa.

Operasi Zebra Seligi Dimulai, Polres Anambas Gelar Apel

"Maaf Pak, helm saya ketinggalan, lupa pakai, saya nak kesitu dekat cuman pak," ujar Iswandi kepada satlantas Rian yang memberhentikannya.

Namun Rian menjelaskan bahwa menggunakan helm dengan jarak jauh maupun dekat perlu diterapkan. Karena helm sebagai pelindung saat berkendara.

Selain kesadaran pengendara yang tidak menggunakan helm, ada juga pengendara yang berboncengan empat, dengan membawa dua anaknya dibagian depan, serta terlihat pula penumpang di belakang membawa barang yang cukup besar.

Dan uniknya lagi ada salah satu pengendara yang diberhentikan karena tidak ada plat motor, ternyata plat motor disimpan di dalam jok motor.

Kasatlantas Iptu Boston Butar Butar, menyarankan agar plat motor segera dipasang.

"Jangan disimpan ya pak, ini harus dipasang, terus itu surat-surat motor jangan diletakkan di jok, kalau hilang bagaimana, bapak kan bisa pergi ke bengkel sebentar untuk pasang platnya," tutur Boston kepada pengendara.

Pengendara tersebut hanya menggangguk dan langsung tancap gas karena terburu-buru.

Selain itu, pantauan tribunbatam.id di lapangan, Satuan Lalu Lintas Kepulauan Anambas tidak memberikan tilang melainkan hanya teguran tertulis saja kepada pelanggar lalu lintas. (tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved