Sama Seperti Tito Karnavian, Idham Azis Tetap Pertahankan Gaya Kepemimpinan Ala Densus 88?

Sukses tangani kasus terorisme, gaya kepemimpinan calon tunggal Kapolri, Komjhen Idham Aziz diprediksi tak lepas dari pendekatan Densus 88.

Sama Seperti Tito Karnavian, Idham Azis Tetap Pertahankan Gaya Kepemimpinan Ala Densus 88?
instagram / @tribunbatamdotcom
kepemimpinan densus 88 

TRIBUNBATAM.id--  Sukses tangani kasus terorisme, gaya kepemimpinan calon tunggal Kapolri, Komjhen Idham Aziz diprediksi tak lepas dari pendekatan Densus 88.

Sama seperti Tito Karnavian, akankah Idham Azis melakukan hal yang sama seperti Ananda Badudu dan Dandhy Dwi Laksono?

Gaya kepemimpinan calon tunggal Kapolri, Komjen Idham Aziz diprediksi tak lepas dari pendekatan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai, dalam memimpin institusi Polri nantinya, Idham cenderung menggunakan pendekatan ala Densus 88 yang lebih condong ke arah penindakan dibanding pencegahan.

"Pak Idham ini juga mempunyai background dari Densus 88. Bayangan saya ke depan ini, style kepemimpinan Polri juga masih menggunakan Densus 88 yang lebih menekankan pada penindakan daripada pencegahan," kata Bambang ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

DITOLAK Daftar ke PDIP Kepri, Huzrin Hood Curhat Soal Statusnya Sebagai Mantan Napi

Adapun Idham menjabat sebagai Wakil Kepala Densus 88 pada tahun 2010.

Menurut Bambang, pendekatan ala Densus 88 ini juga terjadi semasa kepemimpinan mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian

Sebelum menjadi Kapolri, Tito menjabat Kepala Densus 88 pada 2009-2010.

"Pak Tito sepertinya masih menggunakan cara-cara seperti di Densus 88. Bukan menekankan pada pencegahan tapi tindakan-tindakan yang lebih represif," ujar dia. 

Ia pun mencontohkan pendekatan yang dilakukan Polri dalam kasus penangkapan musisi dan eks wartawan Tempo, Ananda Badudu.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved