BATAM TERKINI

Waspada! Kosmetik Ilegal Kini Diperdagangkan via Online

Hati-hati. Peredaran kosmetik ilegal kini tak lagi pakai cara konvensional. Waspadai modus peredarannya.

Waspada! Kosmetik Ilegal Kini Diperdagangkan via Online
TRIBUNBATAM
Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Peredaran alat kosmetik ilegal di Kota Batam cukup mengkhawatirkan para penggunanya.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam mengamankan kosmetik ilegal, beberapa waktu lalu.  Total nilainya sebesar Rp 2 miliar.

Berdasarkan informasi, dari penindakan tersebut berhasil diamankan 112 item kosmetik ilegal dengan 238280 picis kosmetik.

Modus peredaran kosmetik dilakukan dengan penjualan secara online di beberapa e-commerce, dan target pasarnya ke seluruh Indonesia.

Modus peredaran ini sudah bergeser dari biasanya. Dulu masih menggunakan cara konvensional, tapi sekarang sudah menggunakan pemasaran secara online. Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPOM Yosef Dwi Irawan, Jumat (1/11/2019) di kantor BPOM Kepri di Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

"Modus peredaran barang kosmetik yang kita amankan ini dilakukan secara online dan tidak secara konvensional," ujar Yosef.

Saat dikonfirmasi, apa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram untuk pemasarannya, Yosef mengatakan hingga saat ini pihaknya baru menemukan menggunakan e-commerce.

"Untuk Instagram, Facebook atau media sosial lainnya kita belum temukan penjualan melalui itu, tapi sementara yang kita temukan menggunakan e-commerce saja," ungkap Yosef.

Saat pengamanan barang kosmetik tersebut, hanya ada karyawan di lokasi penindakan.

"Saat pengamanan yang berada di lokasi hanya karyawan yang tidak mengetahui pemilik barang ilegal atau yang bertanggung jawab itu," ujar Yosef.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved