BINTAN TERKINI

Kecanduan Game Online Bisa Ganggu Psikis, Dinkes Bintan Minta Orangtua Proaktif

Dinkes Bintan meminta kalangan gamer terutama kalangan pelajar mewaspadai efek kecanduan game online yang bisa menyebabkan gangguan psikis.

Kecanduan Game Online Bisa Ganggu Psikis, Dinkes Bintan Minta Orangtua Proaktif
Kompas
Ilustrasi game online 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan meminta kalangan gamer yang didominasi kalangan pelajar di Wilayah Bintan untuk mengurangi bermain game online.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan,dr Gama Isnaeni menyusul adanya kasus gangguan psikis di Daerah Kota lain karena kecanduan permainan game online.

"Kalau untuk di Kabupaten Bintan, Alhamdulillah belum ada warga ataupun pelajar yang mengalami kasus gangguan psikis, namun akan kita pantau terus," katanya, Senin (4/11/2019).

Gama juga menyampaikan, bahwa bahaya permainan game online bagi kalangan anak-anak dan remaja memang sangatlah rentan.

Pasalnya, dalam kemajuan teknologi saat ini memang para anak-anak dan remaja sudah mengikutinya.

Viral Video Pelajar Kejang-kejang saat Main Game Online, Ternyata Ini Penyebabnya 

Ponsel Disita saat Main Game Online, Berikut Detik-detik Siswa Ancam Guru Gunakan Sabit 

Maka dari itu, dihimbau kepada orangtua agar ikut mengontrol putra-putrinya dalam penggunaan handphone maupun saat pergi ke warnet.

Jangan sampai kecanduan bermain game online.

"Soalnya keterlibatan orangtua juga memiliki dampak yang signifikan bagi upaya penekanan kegemaran anak dan pelajar pada permainan game online," tuturnya.

Gama juga menjelaskan, selama ini belum ditemukan adanya korban pengidap gangguan psikis bagi kalangan pelajar akibat kecanduan permainan game online di wilayah Kabupaten Bintan.

Namun, pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi seperti kejadian di daerah lain, sehingga tidak menimpa anak-anak dan remaja di Bintan.

Dinkes bersama Puskesmas dan RSUD melalui program kesehatan Jiwa juga memonitor terhadap adanya kasus gangguan psikis akibat kecanduan bermain game online.

"Kami juga melakukan langkah antisipatif pada anak-anak sekolah. Sehingga kami juga meminta bantuan pihak sekolah dan para orang tua, agar membatasi permainan game online karena dampaknya sangat nyata yakni bisa mengakibatkan timbulnya gangguan psikis," tutupnya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved