Orangtua Murid di Siantan Ikut Seminar Parenting Pengasuhan Anak di Era Modern

Orang tua murid SMPN 1 Siantan ikut parenting motivasi orang tua dalam pengasuhan anak di era modern. Orangtua diingatkan awasi akses internet

Orangtua Murid di Siantan Ikut Seminar Parenting Pengasuhan Anak di Era Modern
tribunbatam.id/rahmatika
Suasana kegiatan parenting motivasi orang tua dalam pengasuhan anak di era modern di Siantan 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sebanyak 50 orang tua murid SMPN 1 Siantan di Anambas mengikuti kegiatan parenting motivasi orang tua dalam pengasuhan anak di era modern, Kamis (7/11/2019).

Pengasuhan anak secara modern ini menggunakan metode konvensional.

Dalam kesempatan itu, Konselor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Erdawati menjelaskan, dampak positif dan negatif internet bagi anak.

Selain itu, bagaimana cara orang tua agar dapat memantau dan mengawasi anak dalam mengakses internet. Kemudian pemaparan mengenai pendidikan sex dari usia dini, dan konvensi hak anak.

"Sebagai motivator saya mengajak para orang tua mengkaji ulang tentang pengasuhan itu sendiri. Sekarang ini kita dihadapkan dengan dunia global yang segalanya dapat disuguhkan dengan cepat. Apa yang saya maksudkan adalah internet," kata Erdawati kepada Tribunbatam.id, Kamis (7/11/2019).

Disdukcapil Bintan Jemput Bola, Dapat 12.800 Keping Blangko Kartu Identitas Anak

PKL Pasar Induk Jodoh Batam Demo, Pedagang: Anak Kami Butuh Nafkah




"Segalanya bisa anak-anak kita temukan di dalam internet. Sebagai orang tua, kita akan kalah jika tidak menguasai itu semua. Suka tidak suka, mau tidak mau, kita dituntun menjadi orang tua cerdas," ujarnya.

Erdawati mengatakan, dalam mendidik anak hendaknya menggunakan pendekatan persuasif. Menganggap mereka sebagai partner, teman atau sahabat. Menurutnya, dengan cara seperti itu jauh lebih baik. 

Meskipun begitu, cara konvensial tidak diabaikan.

"Sedikit aturan, pukulan mendidik, saya rasa tidak ada salahnya jika itu dalam konteks mendidik, bukan penyiksaan secara fisik. Kita tentu dapat membedakan memukul mendidik dengan pukulan menyiksa," kata Erdawati.

Mantan Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin Daftar Jadi Bupati ke Koalisi Golkar-PBB

Melalui paparan mengenai parenting ini, kunci utama pengasuhan dikeluarga itu adalah komunikasi yang sehat. Erdawati mengingatkan kepada para orang tua, bahwa ancaman terberat dan terdekat pada anak saat ini adalah narkoba dan pornografi.

Pantauan Tribunbatam.id, para orang tua murid yang hadir dalam sosialisasi tersebut sangat antusias mengikuti seminar yang diadakan.

"Sebagai motivator, saya mengajak para orang tua mengkaji ulang tentang pengasuhan itu sendiri," kata Erdawati.

Diakhir penyampaiannya, ia berpesan bahwa pengasuhan yang sesuai untuk anak-anak sekarang adalah dengan metode modern. Sebagai orang tua harus memahami karakter anak tersebut. Komitmen pengasuhan anak harus dilakukan sejak awal kehidupan mereka, yaitu semasa di dalam kandungan.

(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved