Angkat Budaya Karo, Film Jandi La Surong Segera Tayang di Layar Bioskop Batam

Film berlatar budaya masyarakat Karo, Jandi La Surong akan tayang di layar bioskop CGV Kepri Mall Batam, 24 November ini

Angkat Budaya Karo, Film Jandi La Surong Segera Tayang di Layar Bioskop Batam
tribunbatam.id/nabella
Suasana saat launching Film Jandi La Surong, yang akan tayang di Kota Batam pada 24 November 2019 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Film yang berlatar belakang masyarakat Karo akan menghibur masyarakat Batam pada 24 November 2019 mendatang, dengan judul Jandi La Surong. 

Produser For Screening and Promotion Affrairs Film Jandi La Surong, Altony mengatakan ada hal yang menarik dari film tersebut.  

Diantaranya, 98 persen artis dan crew dari film ini Jandi La Surong adalah asli orang Karo.

Dengan begitu katanya, dapat dikatakan bahwa film Jandi La Surong adalah film bioskop pertama yang digarap oleh orang Karo.

Altony menjelaskan film Jandi La Surong merupakan film yang diangkat dari sebuah novel karya Muhammad Tempel Tarigan S.E tentang kisah nyata perjalanan kehidupan asmaranya. 

Bocah Nekat Ditangkap Polisi, Pakai Seragam Polantas, Stop Pengendara yang Melawan Arus

3 Second Kids Tambah Koleksi untuk Celana Denim Anak




Film ini dibintangi oleh artis Karo muda berbakat Femila Sinukaban sebagai Beru Ribu dan Arjuna Ginting sebagai Tempel Tarigan.

Film ini akan menampilkan kompleksitas masalah dan nilai-nilai budaya sebagai pelengkap. 

“Film ini juga merupakan bentuk apresiasi anak muda Karo terhadap penulis atas kontribusinya dalam memperkenalkan kembali budaya Karo lewat sebuah novel,” jelas Altony, Rabu (13/11/2019). 

Altony mengatakan, film tersebut memberikan kontribusi ke aspek sejarah, yang dapat dilihat dari penggambaran suasana perkampungan, budaya Karo di tahun 70an, pergaulan muda mudi, ornamen, peralatan dapur, kuliner sampai dari sisi transportasi.

“Dari aspek pariwisata, terlihat dari beberapa lokasi syuting yang sudah dilaksanakan, seperti desa Negeri Suah Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang,” sebutnya. 

Volume Kredit Jamkrindo Batam Tembus Rp 363 miliar Hingga Oktober 2019

Jokowi Minta Pecat Polisi dan Jaksa Pemeras Pengusaha Jangan Pura-pura Salah Gigit

Dari segi pendidikan, Altony mengatakan film tersebut mengajarkan bagaimana tutur bahasa orang Karo pada zaman dahulu. 

“Selain itu, generasi muda Karo bisa melihat langsung bagaimana sebuah film bisa diproduksi mulai dari management produksi, penyutradaraan, kamera, setting lokasi,” katanya. 

Setelah tayang di beberapa kota di Indonesia, seperti Berastagi-Medan, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, film Jandi La Surong akan ditayangkan pada Bioskop CGV Kepri Mall pukul 19.00 WIB, 24 November ini. 

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan film tersebut, dapat membeli tiket reguler sebesar Rp 100 ribu dan tiket VIP Rp 250 ribu untuk dua orang melalui Instagram @jandilasurong. 

“Kita pilih Batam sebagai salah satu lokasi tempat pemutaran film ini karena adanya permintaan masyarakat untuk memutar film ini di Batam.

Selain itu komunitas Karo di Batam sendiri juga cukup banyak. Kami juga berusaha untuk mengenalkan kembali tradisi Karo ke seluruh penjuru negeri,” ujarnya. 

(Tribunbatam.id/Nabella Hastin Pinakesti

Penulis: Nabella Hastin Pinakesti
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved