BINTAN TERKINI

4595 Keluarga di Bintan Jadi Peserta Program Bantuan Pangan Non Tunai

Peserta program BPNT di Bintan sebanyak 4595 Keluarga. Peserta berasal dari Keluarga Penerima Manfaat, Program Keluarga Harapan dan Non PKH se Bintan

4595 Keluarga di Bintan Jadi Peserta Program Bantuan Pangan Non Tunai
tribunbatam.id/alfandi
Suasana saat Dinas Sosial (Dinsos) Bintan melaunching program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gedung Nasional (GN) Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Senin (18/11/2019) kemarin 

TRIBUNBINTAN.com, BINTAN - Dinas Sosial (Dinsos) Bintan melaunching program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gedung Nasional (GN) Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Senin (18/11/2019) kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Edi Yusri menuturkan, BPNT ini merupakan transformasi bantuan sosial pangan beras sejahtera (rasta) yang awalnya diberikan secara langsung menjadi secara online.

Adapun kuota yang menjadi peserta dalam program BPNT adalah 4595 Keluarga. Para peserta berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Non PKH se-Kabupaten Bintan.

"Sejak akhir 2018 kita persiapkan ini semua. Dari sosialisasi, verifikasi dan validasi data KPM, penyiapan warung elektronik (E-Warong) sampai akhirnya di-launching penggunaannya," tuturnya, Selasa (19/11/2019).

Ia menyebutkan, bagi para peserta yang masuk dalam daftar program BPNT ini akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

ACT Berikan Bantuan Pangan Keluarga Korban Gempa Banten

Bentuknya seperti ATM, tetapi kegunaannya hanya sebagai alat tukar kebutuhan pangan bukan uang.

Namun dalam proses BPNT itu, Dinsos bersama Bank BRI, TKSK, dan pihak desa atau kelurahan menemui beberapa permasalahan dengan pendataan.

Yaitu tidak ditemukannya KPM di salah satu wilayah, kemudian ada 96 keluarga yang belum mendapatkan KKS, sehingga tak menerima sembako.

"Jadi 96 keluarga yang tak dapat KKS otomatis tak bisa menerima sembako. Hal itu disebabkan gagal membuka rekening kolektif (gagal burekol)," terangnya.

Tetapi untuk 96 keluarga yang tak menerima sembako akibat gagal burekol, tidak perlu khawatir.

Bupati Bintan Terima Swasti Saba Wistara, Penghargaan Tertinggi Kabupaten Sehat

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved