Breaking News:

HARI GURU 2019

Hari Guru Nasional Diperingati 25 November, Berikut Sejarah dan Perbedaan di Negara Lain

Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional, ternyata begini sejarahnya hingga perbedaan peringatan Hari Guru di negara lain.

Tribunnews.com
Hari Guru Nasional Diperingati 25 November, Berikut Sejarah dan Perbedaan di Negara Lain. 
TRIBUNBATAM.id - Hari Guru Nasional jatuh tanggal 25 November, dibalik hari perayaan itu, ada sejarah ditetapkannya Hari Guru Nasional.
Guru tentu menjadi hal penting dalam kemajuannya satu pendidikan.
Saat anak anak sudah mulai mendapatkan pendidikan tentu sudah tidak asing dengan penyebutan guru saat di sekolah.
Guru adalah seseorang yang paling dihormati saat di sekolah, bahkan ada istilah Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.
Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya.

Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

HARI GURU 2019 - Penyanyi Cantik dan 5 Artis Terkenal Ini Ternyata Pernah Jadi Guru, Siapa Saja?

Di Indonesia, ketika peringatan Hari Guru maka para siswa melaksanakan upacara.

Peringatan Hari Guru di negara lain juga berbeda beda.

Rusia Hari Guru diperingati pada 5 Oktober, Singapura pada 1 September, Korea Selatan 15 Mei, dan masih banyak negara lain yang merayakan Hari Guru dengan tanggal yang berbeda.

Sejarah singkat PGRI dikutip dari pgri.or.id:

Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini bersifat unitaristik yang anggotanya terdiri dari para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah.

Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh, mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Berani dan Nekat Ungkit-ungkit Bisnis Anak Soeharto, Mendadak Posisi Jenderal Hebat Ini Dicopot

Hasilnya antara lain adalah Kepala HIS yang dulu selalu dijabat oleh orang Belanda, satu per satu pindah ke tangan orang Indonesia.

Pada tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 sampai 25 November 1945 di Surakarta.

Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan.

Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

(Tribunnews.com/Yurika Nendri)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sejarah Hari Guru yang Diperingati Setiap 25 November

Editor: Mona Andriani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved