CATAT, Mulai 2 Desember 2019! Kemendikbud Terapkan Kebijakan SSO, Ini Cara Daftar UTBK & SBMPTN

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN setiap tahunnya selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan civitas akademik dan pes

Twitter: UNS Official/@11MaretUniv)
Kemendikbud menerapkan kebijakan baru terkait penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. 

TRIBUNBATAM.id - Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN setiap tahunnya selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan civitas akademik dan peserta didik.

Mulai dari sistem hingga kebijakannya yang kadang menuai pro dan kontra.

Menanggapi hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan kebijakan baru pada sistem Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 pada 15 November 2019.

Kebijakan SSO merupakan tahap awal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020, di mana setiap peserta wajib memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan mendaftarkan diri pada portal tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan, kebijakan baru tersebut dilakukan untuk mengintegrasikan data sebagai satu kesatuan sistem.

"Tujuan dibuatnya SSO untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru (SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN) sebagai satu kesatuan sistem," ujar Ravik saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Terkait tanggal pendaftaran, Ravik menjelaskan bahwa portal regitrasi LTMPT terdiri dari dua jalur, yakni untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN; serta untuk UTBK dan SBMPTN.

Untuk jalur PDSS dan SNMPTN, calon peserta baru bisa mengakses mulai 2 Desember 2019-7 Januari 2020.

"Portal dibuka nanti tanggal 2 Desember 2019," ujar Ravik.

Sementara itu, untuk jalur UTBK dan SBMPTN pendaftaran dibuka pada 7 Februari-5 April 2020.

Halaman
12
Editor: Eko Setiawan
Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved