Munas X Partai Golkar

Penetapan 270 Calon Kepala Daerah Turun Sebelum Juni 2020; Jadwal Lengkap Munas 9 Partai;

Ini Daftar Musyawarah, Muktamar, Kongres 9 Partai Politik Indonesia. Nasdem, Golkar, PPP, Demokrat, Gerindra, PAN dan PKS, memilih sebelum pendaftaran

Penetapan 270 Calon Kepala Daerah Turun Sebelum Juni 2020; Jadwal Lengkap Munas 9 Partai;
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Calon Ketua Umum Partai Golkar dari kiri Aziz Syamsuddin, Mahyudin, Setya Novanto, Ade Komarudin, Airlangga Hartarto, dan Priyo Budi Santoso menunjukkan nomor urut di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (7/5/2016). Nomor urut tersebut akan digunakan oleh calon ketua umum pada saat pemilihan di acara Munaslub Partai Golkar di Bali pada 15 Mei mendatang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUN-BATAM.id, BATAM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Institusi pengambilan keputusan tertinggi partai peraih kursi terbanyak kedua (58/575 kursi) di parlemen nasional (DPR) ini akan memilih ketua umum partai periode 2019-2024.

Pengamat politik menilai, kehadiran Presiden Joko Widodo di Munas adalah isyarat kuat Partai Beringin masih setia mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

8 Calon Ketua Umum Golkar Akan Perebutkan 588 Suara Sah

Tak Perlu Munaslub Gantikan Setya Novanto, Golkar Tak Ingin Terpecah

Rupiah Terus Melemah, 2 dari 6 Bank Nasional Mulai Jual Dolar diatas Rp14.200, Apa yang Terjadi

Ini juga sekaligus momentum etik politik untuk memuluskan peta koalisi menjelang masa pengodokan koalisi dan pendaftaran pemilihan kepala daerah serentak, yang dimulai Februari hingga Maret 2020 tahun depan.

Sebagai satu dari enam partai pengusung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu, Airlangga berpeluang terpilih kembali.

Jika bisa memanfaatkan jejaring dan mengkapitalisasi kekuasan, Munas X Golkar ini akan jadi momentum Menteri Koordinator Ekonomi untuk mengikuti ‘jejak aklamasi’ tiga ketua umum parpol pengusung utama Jokowi, (PDIP, PKB, dan Partai Nasdem).

Pengamat sosial politik dari Universitas Ibn Sina Batam, Abdul Hafid Tarang dan pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar Arqam Azikin, mengkonfirmasikan  adanya tren petahana ketua umum parpol pro pemerintah terpilih kembali. 

Mulai buka pendaftaran pukul 07.00 WIB pagi, Sekertariat DPD Golkar Kepri jalan Bintan Center, Kota Tanjungpinang sudah didatangi para pendaftar, Jumat (25/10/2019).
Mulai buka pendaftaran pukul 07.00 WIB pagi, Sekertariat DPD Golkar Kepri jalan Bintan Center, Kota Tanjungpinang sudah didatangi para pendaftar, Jumat (25/10/2019). (TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA)

Menurut Hafid, agenda politik terdekat yang akan dihadapi parpol 2020 ini adalah pemilihan kepala daerah serentak di 270 daerah, 23 September 2020 mendatang.

Dia menyebutkan, fatsun politik Indonesia 20 tahun terakhir, rapat pengambilan keputusan tertinggi partai seperti kongres, muktamar,  musyawarah nasional  atau rakernas, parpol-parpol Indonesia ini, selalu berdekatan dengan momen politik pilpres atau pilkada.

Sirkulasi kepemimpinan parpol di momen-momen politik nasional dan lokal inilah yang membuat para figur kepala daerah harus menunggu, dan punya kalkulasi politik lebih tajam.

Halaman
123
Penulis:
Editor: thamzil thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved