ANAMBAS TERKINI

Dekat Negara Tetangga, Ketua MK Anwar Usman Singgung Pemahaman Konstitusi Bagi Warga Anambas

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menilai pengakuan dari negara lain jadi unsur penting, khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dekat Negara Tetangga, Ketua MK Anwar Usman Singgung Pemahaman Konstitusi Bagi Warga Anambas
tribunbatam.id
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman dan Hakim Konstitusi RI, Wahiduddin Adams beserta istri dan staff ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Anwar Usman beserta rombongan datang untuk memberikan materi ilmiah "Strategi Membumikan Konstitusi di Perbatasan NKRI" di kantor Bupati Anambas, Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan Rabu (4/12/2019). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman menilai penting pemahaman warga dalam berkonstitusi. 

Berada di daerah terdepan yang berbatasan dengan sejumlah negara, Anwar Usman menyebutkan, pemahaman konstitusi di wilayah perbatasan harus mencakup pada unsur pengakuan dari Negara lain. Hal itu secara jelas itu diatur pada UUD alinea ke-4.

Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjelaskan, selain pengakuan dari negara lain, terdapat unsur lain seperti wilayah dan jumlah penduduk dari suatu negara. 

"Di perbatasan, unsur pengakuan dari negara lain ini penting. Orang bilang, Anambas daerah terluar. 
Sebenarnya Anambas ini terdepan. Karena berhadapan langsung dengan negara tetangga," ujarnya di aula kantor Bupati lantai III, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (4/11/2019).

Anwar Usman yang datang untuk memberikan seminar ilmiah terkait 'Strategi Membumikan Konstitusi Di Perbatasan NKRI' ini, menambahkan, kewajiban sebagai anak bangsa, terutama lembaga negara dan pemerintah untuk melaksanakan konstitusi. 

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman dan Hakim Konstitusi RI, Wahiduddin Adams beserta istri dan staff ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Anwar Usman beserta rombongan datang untuk memberikan materi ilmiah
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman dan Hakim Konstitusi RI, Wahiduddin Adams beserta istri dan staff ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. Anwar Usman beserta rombongan datang untuk memberikan materi ilmiah "Strategi Membumikan Konstitusi di Perbatasan NKRI" di kantor Bupati Anambas, Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan Rabu (4/12/2019). (tribunbatam.id)

Sementara Hakim Konstitusi Republik Indonesia Wahiduddin Adams mengatakan, kawasan perbatasan adalah kawasan strategis dalam rangka menjaga keutuhan wilayah negara indonesia.

Wahiduddin Adams pun menilai penting sosialisasi ini, khususnya untuk warga terdepan seperti di Anambas

"Sosiasliasi itu tidak bisa satu kali, tapi harus berkali-kali. Bagi MK harus mensosialisasikan, oleh karena itu MK berharap lembaga negara, pemerintah daerah semakin mengetahui, memahami Konstitusi itu bagaimana, untuk itulah mengapa pemahaman peningkatan konstitusi itu penting," ucapnya.(tribunbatam.id/Rahmatika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved