BATAM TERKINI

HOTEL di Batam Mulai Gunakan Pakaian Melayu Kenalkan ke Wisatawan

Sejumlah hotel di Hotel-hotel di Kota Batam mulai menerapkan penggunaan seragam baju melayu untuk karyawannya satu hari dalam seminggu.

HOTEL di Batam Mulai Gunakan Pakaian Melayu Kenalkan ke Wisatawan
TRIBUNBATAM/ARGIANTODANUGRAHA
Ardiwinata 

HOTEL di Batam Mulai Gunakan Pakaian Melayu Kenalkan ke Wisatawan

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sejumlah hotel di Hotel-hotel di Kota Batam mulai menerapkan penggunaan seragam baju melayu untuk karyawannya satu hari dalam seminggu.

Kebijakan ini sebagai jawaban atas imbauan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tentang pemajuan kebudayaan melayu.

Selain melalui surat, Wali Kota pun pernah beberapa kali menyampaikan secara langsung ke pengelola hotel terkait hal ini.

“Surat edaran kita kemarin disambut baik manajemen hotel. Sebut saja Best Western Premiere Panbil, Harris Hotel. Kami harap diikuti hotel-hotel lainnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam Centre, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan, pemakaian baju melayu ini sekaligus bentuk perkenalan budaya kepada wisatawan.

Tamu-tamu hotel khususnya dari mancanegara diharap bisa mengenal sedikit kebudayaan melayu selama berkunjung ke Batam.

“Kami apresiasi atas apa yang sudah dilakukan. Dan kami harap hotel lain mengikuti. Namun perlu diingat dalam penggunaan pakaian melayu juga ada aturannya. Misal kain samping bagi laki-laki, ada aturan sendiri. Untuk yang belum menikah, di atas lutut. Bagi yang sudah menikah, kain dipanjangkan ke bawah lutut. Hal seperti ini juga perlu diperhatikan,” ujarnya.

Jarang Diketahui Wisatawan Asing, Inilah 10 Fakta Unik Berwisata ke Singapura

Ardiwinata mengatakan surat edaran Wali Kota Batam ini sebagai tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu. Selain pakaian, hotel juga diharapkan dapat menyuguhkan makanan khas melayu di daftar menunya.

Misal menyediakan lendot sebagai opsi penganan berkuah. Atau kue-kue tradisional melayu yang beraneka ragam bentuk dan rasa di sajian sarapan hotel.

“Semoga dengan begini sapta pesona ketujuh, kenangan, bisa terwujud. Sehingga Wisatawan tertarik untuk kembali lagi ke Batam,” kata dia. (MEDIA CENTRE)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved