Efek Badai Kammuri, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kepri, Tinggi Gelombang 6 Meter

Efek badai Kammuri, BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Kepri, tinggi gelombang 6 meter

Efek Badai Kammuri, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kepri, Tinggi Gelombang 6 Meter
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi cuaca ekstrem di Kepri 

TRIBUNBATAM.id- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berikan peringatan adanya cuaca ekstrem di Kepulauan Riau atau Kepri.

BMKG Kelas II Tarempa Dudi Juhadinata mengatakan bahwa hujan lokal dengan intensitas lebat pada suhu 25-31°C masih akan terjadi hingga Senin (9/12/2019).

"Secara umum kondisi cuaca diprakirakan hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang. Untuk itu kita himbau kepada pengguna transportasi laut tetap waspada terhadap gelombang," kata Dudi melalui WhatsApp, pada Minggu (8/12/2019).

Sebab adanya daerah pusaran angin (siklonik) di sekitar wilayah Natuna, oleh sebab itu penumpukan massa udara di wilayah Kepulauan Riau menambah peluang pembentukan awan - awan hujan.

Ia juga katakan bahwa peringatan dini gelombang sudah dikeluarkan sejak tanggal 6-8 Desember 2019 terdapat tropical strom Kammuri 1004 hPa di Laut Cina Selatan yang berdampak pada ketinggian gelombang di wilayah Laut Natuna Utara diprakirakan mencapai 6 meter.

Sedangkan di wilayah perairan Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna gelombang mencapai 4 hingga 6 meter.

Dari informasi yang Tribunbatam.id himpun, kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka bagian utara, perairan Utara Sabang, perairan Kepulauan Anambas, Natuna, dan Laut Natuna utara. Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang disekitar wilayah tersebut.

Untuk keselamatan pelayaran sudah diperingati dengan resiko gelombang tinggi tersebut.

Perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m. Kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m.

Kapal Ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m. Kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesisir dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m.

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved