Pecat 4 Direksi, 5 Komisaris Garuda Indonesia Tunjuk 2 Direktur dan Setujui 4 Plh Direktur

Jabatan yang ditinggal Direktur Utama I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra untuk semetara diemban Fuad Rizal

Pecat 4 Direksi, 5 Komisaris Garuda Indonesia Tunjuk 2 Direktur dan Setujui 4 Plh Direktur
istimewa_Garuda/BUMN
Fuad Rizal ketiga dari kanan menerima surat pengangkatan sebagai Plh Dirut dari dewan komisaris Garuda Indonesia, kamis (5/12/2019) lalu. 

Pecat 4 Direksi, 5 Komisaris Garuda Indonesia Tunjuk 2 Direktur dan Setujui 4 Plh Direktur

 JAKARTA, TRIBUN-BATAM.id — Lima komisaris PT Garuda Indonesia, Senin (9/12/2019) siang, resmi mengumumkan pemberhentian lima anggota dewan direksi BUMN maskapai penerbangan nasional ini.

Kelima komisaris itu adalah Sahala Lumban Gaol (Komisaris Utama), Chairal Tanjung (Komissaris), dan tiga komisaris independen lainnya; Eddy Purwanto Poo, Herber Timbo Parluhutan Siahaan dan Insmerda Lebang.

Pemberhentian ini menyusul pemecatan Dirut Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara terkait skandal penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus A330-900 Neo, dari Perancis, pekan lalu.

Dalam rilis yang diterima Tribun, kemarin, terungkap keputusan pemberhentian lima direksi ini, merujuk pertemuan dewan komisaris dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), selaku Pemegang Saham Dwiwarna Garuda Indonesia, akhir pekan lalu.

Empat anggota dewan direksi yang diberhentikan adalah;

Untuk menjamin jalannya operasi dan layanan, keputusan yang merujuk Anggaran Dasar Perseroan ini, menunjuk dua pelaksana tugas dan menyetujui penunjukan empat pelaksana tugas harian direktur lainnya;

Dua pelaksana tugas itu adalah;

  • Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Operasi dan Plt Direktur Teknik dan Layanan. Fuad sekaligus  melaksanakan tugas sebagai Plt Dirut dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko sampai dengan penetapan secara definitif oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  • Pikri Ilham Kurniansyah sebagai Plt Direktur Human Capital dan Plt Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha merangkap Direktur Niaga.

 Sedangkan empat pelaksana tugas harian direktur lainnya  

  • Capt. Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi 
  • Mukhtaris Pejabat Direktur Teknik dan Layanan; 
  • Joseph Dajoe K Tendean Pejabat Direktur kargo dan Pengembangan Usaha; 
  • Capt Arya Perwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital.

 Dewan Komisaris telah menyampaikan permintaan kepada Direksi Garuda agar segera menyelenggarakan RUPS untuk mengukuhkan pemberhentian sementara waktu anggota-anggota dewan direksi tersebut sesuai ketentuan perundangan undangan.

Halaman
12
Penulis: Eko Setiawan
Editor: thamzil thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved