BATAM TERKINI

Dorong Pelaku UMKM Kepri Pasarkan Produknya ke Luar Negeri, Ini yang Dilakukan HIPO

Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional Kepri menyelenggarakan seminar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) bertema ‘Cara Mudah untuk Ekspor’

Dorong Pelaku UMKM Kepri Pasarkan Produknya ke Luar Negeri, Ini yang Dilakukan HIPO
TRIBUNBATAM.id/Leo Halawa
foto bersama usai seminar UMKM 'Cara Mudah untuk Ekspor' yang digelar Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional Kepri 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Organisasi Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional Kepri menyelenggarakan seminar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) bertema ‘Cara Mudah untuk Ekspor’.

Kegiatan tersebut rangkaian dari Workshop HIPO Academy yang telah digelar sebelumnya di berbagai provinsi di Indonesia.

Pada seminar ini, HIPO mendorong pelaku UMKM di tanah Melayu dapat bersaing dan memasarkan produk unggulnya ke luar negeri.

Sekjen Rumah UMKM DPP HIPO Pusat Triyanto mengatakan, pengusaha yang mengikuti seminar ini sudah memiliki produk unggulan.

Hanya kebanyakan dari mereka belum bisa ekspor produk dikarenakan standar dan perizinan.

Ia mengakui masih banyak persoalan yang harus dipenuhi pengusaha UMKM. Misalnya standar kelayakan, kemasan (packaging), legalitas dan pasar ekspor.

Bisnis Online di Batam Meningkat, Garuda dan JNE Carter Pesawat Khusus Untuk Kargo

“Kita akan bantu agar mereka (pengusaha (UMKM) sampai bisa ekspor produk. Untuk itu kita besinergi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk memudahkan para UMKM untuk ekspor,” kata Triyanto, saat menjadi pemateri Seminar UMKM di Golden Prawn Restaurant, Bengkong Laut, Batam, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan serupa, kata Tri, akan kembali digelar. Ia berharap pelaku UMKM di Kepri khususnya Batam nantinya sudah mampu memasarkan produk secara ekspor.

“Target kita 2020 dari pengusaha UMKM yang tergabung di HIPO sudah bisa mengekspor produknya,” kata Tri.

“Kita ingin para pelaku UMKM segera naik kelas,” tambahnya.

Ketua DPD HIPO Kepri Bambang Yuniarto mengapresiasi para peserta seminar dengan semangat yang luar biasa atas keinginan mereka untuk bisa tembus di pasar ekspor.



Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved